Sistem Pengendali Ketinggian Air Menggunakan PID Digital Pada Plant Tangki Air,

Luvianca, Wirangga (2016) Sistem Pengendali Ketinggian Air Menggunakan PID Digital Pada Plant Tangki Air,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kontroler merupakan salah satu komponen sistem kontrol yang berfungsi mengolah sinyal umpan balik dan sinyal masukan acuan (setpoint) atau sinyal error menjadi sinyal kontrol. Plant tangki air 73426 di Laboratorium Sistem Kontrol Universitas Brawijaya saat ini menggunakan kontroler PID analog, kontroler tersebut mampu mengendalikan plant dengan baik. Kontroler PID digital menggunakan mikrokontroler mendominasi kontrol industri saat ini. Banyak keuntungan dari kontroler berbasis mikrokontroler diantaranya mampu menggunakan algoritma kontrol yang kompleks, bobot lebih ringan dan lebih kebal terhadap gangguan eksternal. Maka untuk mengimbangi perkembangan tersebut dilakukan pengembangan pada plant tangki air 73426 menggunakan perangkat kontrol digital. Pada penelitian ini penggunaan kontroler PID didasarkan pada kemampuan kontrol PID yang memiliki respon yang cepat, sehingga sesuai dengan plant tangki air. Proses perancangan kontrol PID menggunakan metode pertama Ziegler – Nichols dengan memberi masukan berupa unit step dan mendapatkan respon berbentuk huruf S, kurva berbentuk S tersebut dapat dikarakteristikkan menjadi dua konstanta yaitu waktu tunda L dan konstanta waktu T, dilanjutkan dengan pencarian parameter kontrol PID melalui tabel penalaan Ziegler – Nichols didapatkan nilai parameter kontroler PID sebesar Kp = 3,46 Ki = 0,96 dan Kd = 3,11. Hasil dari perancangan kontrol digital pada plant tangki air 73426 diterapkan pada 3 set point yaitu pada ketinggian 7 cm, 8 cm dan 9 cm. Kontroler dapat berjalan dengan baik di semua set point dengan error steady state di dalam toleransi 5%. Pada saat diberi gangguan yang berupa sekat berlubang, sistem dapat merespon dan mengembalikan keadaan menuju steady state dengan cepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/224/051601933
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Mar 2016 11:09
Last Modified: 22 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144398
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FULL_TEXT.pdf]
Preview
Text
FULL_TEXT.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of RANGKUMAN.pdf]
Preview
Text
RANGKUMAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item