Subagyo, PatriotDwiAdhiYudha (2016) Perancangan Aplikasi E-Commerce dengan Menggunakan Wordpress sebagai Upaya Meningkatkan Pengembangan Usaha di Bidang Pemasaran (Studi Kasus di UD. Kurnia Jaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
UD. Kurnia Jaya merupakan usaha kecil menengah di Ngadiluwih Kabupaten Kediri Jawa Timur yang menjual pot berbahan dasar semen. Saat ini pemasaran yang dilakukan belum menjangkau pasaran yang luas, transaksi pembelian masih menggunakan cara konvensional dan belum memiliki sistem database untuk memberikan informasi tentang detail produk yang dihasilkan sehingga menyulitkan konsumen yang berada diluar daerah. Oleh karena itu, penelitian ini menawarkan sebuah solusi untuk merancang suatu sistem berbasis website E-commerce yang mempermudah UD. Kurnia Jaya dalam proses pemasaran. Pada penelitian ini, pemasaran dilakukan secara online (E-commerce) sedangkan tools yang digunakan untuk membuat sistem adalah Wordpress. E-commerce merupakan salah satu revolusi dalam bidang pemasaran dan sistem yang efektif dalam menghadapai tantangan pemasaran yang lebih global di masa sekarang dan yang akan datang. Media yang digunakan untuk E-commerce pada saat ini adalah website dengan jaringan internetnya. Adanya website dan internet dapat membantu transaksi penjualan dan pembelian baik langsung maupun melalui internet, serta komunikasi penjual dan pembeli. Perancangan sistem e-commerce ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari fase planning, analysis system, design dan implementation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan prototipe website Sistem Jualanpot Online (SJO) terdiri atas dua user yaitu admin dan user/customer. Hasil uji verifikasi menunjukkan modul sudah sesuai dengan logika alur sistem. Hasil uji validasi bertujuan untuk memeriksa proses yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dari sisi kebutuhan user/customer sudah memenuhi, mulai proses registrasi sampai menampilkan pemesanan yang pernah dilakukan. Dari sisi kebutuhan admin juga sudah memenuhi, mulai dari mengelola database sampai promosi. Hasil uji prototipe bertujuan membandingkan kelebihan sistem lama dengan sistem yang baru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem E-commerce memiliki keunggulan dalam pengelolaan database penjualan dan pemasaran yang dapat dilakukan secara cepat dan tepat karena proses pada sistem ini berjalan secara otomatis dan dapat diakses 24 jam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/181/051601889 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 08:45 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144347 |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI,_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN_(SUMMARY).pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_6.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |