Evaluasi Kinerja Angkutan Kapal Laut Tujuan Surabaya – Makassar

Prabowo, BimantoroBeny (2016) Evaluasi Kinerja Angkutan Kapal Laut Tujuan Surabaya – Makassar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar areanya terdiri dari lautan. Dengan begitu, salah satu moda transportasi yang dapat diandalkan adalah kapal laut. Kapal laut merupakan moda transportasi murah yang dapat menjangkau sebagian besar pulau-pulau yang ada di Indonesia dengan daya angkut yang besar. Namun, telah terjadi penurunan jumlah penumpang dari waktu ke waktu. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi kinerja kapal. Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui karakteristik penumpang kapal laut rute Surabaya – Makassar, mengetahui kinerja operasional kapal laut rute pelayanan Surabaya – Makassar, dan mengetahui bentuk model pemilihan pengguna layanan antara kapal laut dan pesawat terbang dengan tujuan Surabaya – Makassar. Survei ini dilakukan terhadap penumpang kapal laut dengan rute Surabaya – Makassar dengan jumlah responden 150 orang penumpang untuk metode Importance – Performance Analysis dan Stated Preference. Evaluasi yang dilakukan dalam penelitian ini menggunkan metode Importance – Performance Analysis untuk analisis kinerja pelayanan kapal laut dan juga digunakan metode Stated Preference untuk mengetahui perbandingan dengan moda pesawat terbang, yang juga bertujuan untuk mengevaluasi kekurangan dan keunggulan moda kapal laut. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2015 yang berlokasi di atas kapal laut rute Surabaya – Makassar dan juga di pelabuhan. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan, maka diketahui karakteristik responden yang didominasi oleh penumpang dengan usia 25 – 40 tahun (58%) dengan pendidikan terakhir SMA (44%) dan penghasilan keluarga sebesar 3 – 4 juta rupiah perbulan. Maksud tujuan dari perjalanan yang dilakukan umumnya dengan maksud tujuan non-bisnis dan menggunakan biaya sendiri serta alasan penggunaan kapal laut adalah karena alasan biaya perjalanan. Dari analisis metode Importance – Performance Analysis, fasilitas yang perlu dibenahi diantaranya adalah naik turun penumpang dari dan ke kapal, toilet, fasilitas pengatur suhu, ruang pelayanan kesehatan, fasilitas kemudahan naik turun penumpang, fasilitas penyandang difabel, dan ruang ibu menyusui. Sedangkan dari metode Stated Preference, diperoleh model (UP– UK) = 1,823-0,688(ΔX₂) dimana ΔX₂ = selisih ketepatan jadwal. (UP– UK) = 7,838+0,778(ΔX3) dimana ΔX3 = selisih frekuensi keberangkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/18/051601724
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Mar 2016 16:14
Last Modified: 11 Mar 2016 16:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144344
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item