Virgina, Julia (2016) Penerapan Kansei Engineering Untuk Mendesain Kemasan Sari Apel Brosem Menggunakan Analisis Faktor Dan Konjoin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Agroindustri merupakan suatu bentuk usaha yang menggunakan bahan baku pertanian. Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan agroindustrinya adalah Kota Batu. Oleh karena itu, Kota Batu terkenal dengan julukan Kota Agropolitan. Seperti halnya kawasan Malang Raya dan sekitarnya, kota Batu banyak menghasilkan apel. Brosem merupakan salah satu agroindustri di Kota Batu dengan produk unggulannya yaitu sari apel. Banyaknya persaingan antar produsen sari apel untuk menarik minat konsumen, Brosem harus memiliki strategi agar produk mereka menjadi urutan pertama pilihan konsumen. Salah satunya yang dapat dilakukan dengan menyajikan produk sari apel dalam kemasan yang menarik. Para pakar pemasaran menyebutkan bahwa desain kemasan sebagai pesona produk, sebab kemasan memang berada di tingkat akhir suatu proses alur produksi yang tidak saja untuk memikat mata tetapi juga untuk memikat pemakaian. Salah satu cara untuk meningkatkan daya jual suatu produk yaitu dengan menerapkan metode Kansei Engineering. Kansei Engineering adalah metodologi pengembangan produk, yang menerjemahkan kesan, perasaan dan tuntutan konsumen pada produk atau konsep yang sudah ada untuk merancang solusi dan parameter desain produk dan menunjukkan bagaimana Kansei diterjemahkan ke dalam desain. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan desain kemasan sari apel Brosem dengan menerapkan Kansei Engineering. Beberapa kata kansei dirangkum, kemudian dilakukan analisis faktor untuk mengetahui keterkaitan antar kata kansei dan menyederhanakannya tanpa menghilangkan informasi penting, dan digunakan analisis konjoin untuk mengetahui hubungan antara elemen desain (bahan, bentuk, label, dan warna) dengan kata kansei yang ada agar didapatkan desain kemasan sari apel Brosem yang sesuai dengan keinginan konsumen. Hasil dari penelitian ini didapatkan lima ilustrasi desain kemasan sari apel Brosem yang sesuai dengan keinginan konsumen. Setelah dianalisa terdapat satu desain terpilih yang dianggap paling sesuai dengan hasil pengolahan data, yaitu desain dengan kemasan yang awet, murah, modis, modern, praktis, bagus, kreatif, mencolok, terang, bercorak, ramah lingkungan dan komunikatif. Sedangkan konsumen menganggap elemen desain yang terpenting adalah faktor bentuk. Secara keseluruhan, desain kemasan yang diinginkan oleh konsumen adalah desain dengan bahan plastik, bentuk kotak, label sablon, dan warna polos.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/16/051601722 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 11 Mar 2016 15:35 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144322 |
Preview |
Text
3._BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4._BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6._BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
5._BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7._BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_JURNAL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1._COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._DAFTAR_+_RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |