Perencanaan Penjadwalan Preventive Maintenance Mesin Bleaching dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II pada Perusahaan Tekstil

Afifatullaili, SaptarinaNur (2016) Perencanaan Penjadwalan Preventive Maintenance Mesin Bleaching dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II pada Perusahaan Tekstil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan produsen tekstil di Indonesia yang menghasilkan benang dan kain. Salah satu departemennya yaitu Finishing. Departemen Finishing merupakan departemen yang bertugas untuk mengolah kain mentah sampai kain jadi. Dalam proses produksinya, Departemen Finishing memiliki 9 mesin yang dilewati untuk menghasilkan output sebuah kain jadi. Dari data historis, lini bleaching mempunyai jumlah downtime tertinggi. Dalam lini bleaching terdapat 4 sub-proses yaitu gas singeing, desizing, scouring dan bleaching. Untuk memfokuskan penelitian, dari data historis didapatkan bahwa mesin bleaching memiliki jumlah downtime tertinggi. Perawatan yang dilakukan oleh perusahaan belum optimal karena belum berdasarkan strategi perawatan yang tepat tetapi hanya dilakukan corrective maintenance. Oleh karena itu diperlukan analisis penyebab kerusakan dan merencanakan interval perawatan komponen kritis pada mesin bleaching sehingga dapat meningkatkan kehandalan. Terdapat beberapa langkah pengerjaan pengolahan data pada penelitian ini. Pertama, diagram pareto digunakan untuk memilih komponen kritis yang memiliki dampak tertinggi terjadinya downtime dan menjadi prioritas utama untuk dilakukan perawatan. Kemudian Functional Block Diagram (FBD) digunakan untuk mengetahui cara kerja dan proses produksi pada mesin bleaching. Ketiga, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) digunakan untuk menganalisis sebab–sebab terjadinya kegagalan pada sistem pengamatan serta efek yang ditimbulkan apabila kegagalan terjadi. Langkah selanjutnya yaitu perhitungan MTTF dan MTTR, perhitungan total biaya perawatan, interval waktu perawatan, keandalan dan perancangan RCM II Decision Worksheet. Perancangan ini berdasarkan RCM II Decision Diagram. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat lima komponen kritis pada mesin bleaching, yaitu playtor, rotary joint, mangle 2, cloth guider dan draw roll. Dari hasil analisis nilai keandalan dan RCM II Decision Worksheet, terdapat enam jenis kerusakan dengan kegiatan perawatan scheduled discard task yaitu untuk kerusakan rubber belt playtor aus dalam interval waktu 277,099 jam serta peningkatan keandalan sebesar 65,62%, pegas rotary lembek dalam interval waktu 231,350 jam serta peningkatan keandalan sebesar 71,05%, karet seal rotary keras dalam interval waktu 433,077 jam serta peningkatan keandalan sebesar 74,29%, bearing cloth bocor dalam interval waktu 148,473 jam serta peningkatan keandalan sebesar 78,45%, karet cloth aus dalam interval waktu 364,007 jam serta peningkatan keandalan sebesar 75,9% dan belt draw roll aus dalam interval waktu 266,831 jam serta peningkatan keandalan sebesar 67,91%. Sedangkan untuk jenis kerusakan karet mangle terkena benda tajam/kimia dilakukan kegiatan perawatan scheduled on condition task dalam interval waktu 183,053 jam serta peningkatan keandalan sebesar 84,07%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/146/051601852
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Mar 2016 13:49
Last Modified: 22 Oct 2021 01:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144307
[thumbnail of 8_BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8_BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
6_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
7_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11_BAB_V_PENUTUP.pdf]
Preview
Text
11_BAB_V_PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9_BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
9_BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10_BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
10_BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1_COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1_COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3_LEMBAR_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
3_LEMBAR_ORISINALITAS.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5_DAFTAR_ISI,_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
5_DAFTAR_ISI,_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item