WijayaHidayatullah, Billy (2016) Studi Analisis Pengaruh Perkuatan Sambungan Pada Struktur Jembatan Rangka Canai Dingin Terhadap Lendutan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jembatan rangka baja canai dingin hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki. Jembatan rangka merupakan sebuah jembatan yang terdiri dari batang-batang yang dihubungkan dengan sambungan sendi hingga membentuk rangka segitiga yang akan mengalami tegangan akibat gaya tarik, gaya tekan, atau kadang-kadang keduanya jika terkena beban-beban dinamis. Material baja canai dingin atau cold formed adalah suatu komponen struktur yang terbuat dari lembaran-lembaran baja yang diproses dengan bentuk-bentuk profil tertentu menggunakan proses press-braking atau roll forming. Material baja ringan yang merupakan komponen yang tipis, ringan dan mudah dalam pengerjaan bila dibandingkan dengan material baja biasa (hot rolled). Dalam studi ini akan dilakukan sebuah analisis jembatan rangka dengan material baja ringan canai dingi. Analisis yang akan dilakukan pada studi ini yaitu dengan menggunakan bantuan software SAP 2000. Dalam analisisnya terbatas pada 2 dimensi sehingga analisis yang dilakukan hanya pada struktur rangka batang tanpa ikatan angin dan struktur melintangnya. Terdapat 3 model rangka batang yang akan dianalisis yaitu struktur jembatan rangka tanpa perkuatan, struktur jembatan rangka dengan perkuatan 50 cm, dan struktur jembatan rangka dengan perkuatan 70 cm. Hasil analisis dengan menggunakan software SAP 2000 didapatkan nilai hasil lendutan pada masing-masing model yang meliputi model struktur jembatan rangka tanpa perkuatan, model struktur jembatan rangka dengan perkuatan sambungan 50 cm dan model struktur jembatan rangka dengan perkuatan sambungan 70 cm yang masing-masing nilainya adalah 4,467 mm; 3,782 mm; dan 3,536 mm. Nilai tersebut merupakan lendutan di tengah bentang dengan beban 850 kg yang juga berada di tengah bentang. Dari ketiga nilai lendutan tersebut, model struktur jembatan rangka dengan perkuatan sambungan 70 cm merupakan model dengan nilai lendutan terkecil dengan nilai 3,536 mm.
English Abstract
Cold form steel truss bridge reserved for pedestrians only. The steel truss bridge is a bridge framework consisting of rods connected by pin connection to form a triangular frame that will experience stress due to the tensile force, compressive force, or sometimes both when exposed to dynamic loads. Material cold rolled steel or cold formed is a structural component made of sheets of steel are processed forms of a specific profile using the press-braking or roll forming. Mild steel material which is a component that is thin, light and easy in progress when compared with the usual steel material (hot rolled). This study will be an analysis of bridge frame with dingi rolled mild steel material. The analysis will be performed on this study is to use the help of SAP software 2000. In its analysis is limited to two dimensions so that the analysis is done only on the truss without bond wind and transverse structure. There are 3 models of trusses are analyzed without strengthening the framework bridge structure, bridge structure reinforcement frame by 50 cm, and the bridge structure reinforcement frame with 70 cm. Results of analysis using SAP software in 2000 obtained the value of the deflection on each model includes a model of the bridge structure frame without retrofitting, the model structure of the bridge frame with strengthening the connection of 50 cm and a model of the structure of the bridge frame with strengthening the connections 70 cm each value is 4.467 mm; 3.782 mm; and 3.536 mm. The value of the deflection at midspan with a load of 850 kg, which is also at midspan. Of the three values of the deflection, the bridge structure model framework by strengthening the connection of 70 cm is the model with the smallest deflection value with a value of 3.536 mm.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/1091/051700158 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 10:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 00:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144243 |
Preview |
Text
JURNAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
1.SAMPUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_BILLY_WIJAYA_H-125060100111060.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |