Penentuan Lokasi Mooring Buoy Dengan Metode Center of Grafity untuk Optimalisasi Bahan Bakar Kapal (Studi Kasus PT. Pertamina Energi West Madura Offshore)

NuruDini, Diar (2016) Penentuan Lokasi Mooring Buoy Dengan Metode Center of Grafity untuk Optimalisasi Bahan Bakar Kapal (Studi Kasus PT. Pertamina Energi West Madura Offshore). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan adanya persaingan global yang semakin ketat, perusahaan dituntut lebih efektif dan efisien dalam melakukan kegiatan operasionalnya. Upaya menciptakan sistem yang efektif dan efisiens salah satunya diterapkan oleh PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore. Dengan adanya penambahan new platform pada area operasionalnya maka akan berdampak pada penambahan jadwal mobilisasi kapal. Sehingga lokasi existing mooring buoy tidaklah optimal lagi dari segi jarak moving kapal. Maka dari itu dilakukan penentuan kembali lokasi new mooring buoy yang diharapkan dapat menciptakan efisiensi sistem penggunaan bahan bakar kapal. Penentuan lokasi new mooring buoy menggunakan metode Center Of Grafity. Metode Center Of Grafity ini digunakan untuk menentukan lokasi baru terpusat atau lokasi tunggal. Tujuannya adalah memperoleh jarak/akses yang efisien dari segi biaya perpindahan barang atau jasa dari lokasi yang ada. Penentuan lokasi new mooring buoy sendiri menggunakan data koordinat existing platform, new platform, dan existing mooring buoy, serta jadwal moving kapal. Untuk validasi lokasi new mooring buoy menggunakan expert judgment, yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan lokasi penambatan mooring buoy. Faktor-faktor tersebut meliputi: keberadaan pipa saluran minyak, jalur transportasi kapal umum, permukaan dasar laut dll. Analisa efisiensi bahan bakar menggunakan dua kapal jenis crewboat. Dari penelitian yang dilakukan dapat di simpulkan bahwa lokasi existing mooring buoy dengan adanya penambahan platform dapat menambah konsumsi bahan bakar kapal. Maka dari itu akan dilakukan penentuan lokasi new mooring buoy agar penggunaan bahan bakar kapal dapat lebih optimal. Adanya new mooring buoy akan berpengaruh pada perubahan jarak antara platform dan mooring buoy, hal tersebut akan berpengaruhi perubahan waktu saat moving sehingga akan pempengaruhi pula terhadap perubahan waktu stay kapal. Maka dari itu, analisa efisiensi pada studi kasus ini dapat dibagi menjadi dua keadaan yaitu efisiensi dari segi moving kapal saja dan efisiensi dengan memperhitungkan waktu stay. Dari perhitungan yang ada maka dapat simpulkan bahwa efisiensi bahan bakar yang terjadi berdasarkan posisi new mooring buoy dari segi moving untuk Kapal 1 sebesar 20.50% dan untuk Kapal 2 sebesar 23,15 %. Dari segi moving terjadi efisiensi yang cukup signifikan. Sedangkan efisiensi dari segi total kebtuhan bahan bakar Kapal 1 dengan waktu stay berbeda adalah 2.13 % dan waktu stay sama adalah 7,35 %. Efisiensi dari total kebutuhan Kapal 2 dengan waktu stay berbeda sebesar 2,17 % dan waktu stay sama adalah sebesar 9,49 %. Sehingga dari segi efisiensi total bahan bakar tidak mengalami banyak perubahan. Tetapi analisa dari keseluruhan efisiensi penggunaan bahan bakar kapal adalah penentuan lokasi new mooring buoy membuat terjadinya efisiensi sistem operasional kapal.

English Abstract

When Global competition more strict, companies are required more effective and efficient system when do their operations. Efforts to create an effective and efficient system applied by PT. Pertamina Hulu Energy West Madura Offshore. With the additional new platform on an area of operation, it also impact to adding schedule mobilization of a vessel. So that, the existing mooring buoy not optimal again in the distance moves a vessel. Therefore, the determination of location new mooring buoy hoped can create efficiency fuel use in vessel fuel system. The determination of location new mooring buoy uses the center of gravity method. The center of gravity method is used to determine a new location centralized or single location. The purpose is have distance / access efficient in terms of the cost of goods displacement or services from it. The determination of location new mooring buoy use data coordinates existing platform, new platform, and existing mooring buoy, and also data schedule moving a vessel. For validation of location new mooring buoy use expert judgment, namely factors affecting environment location lying in mooring buoy. Those factors includes: the existence of a pipeline, a ship public transportation routes, the base of sea etc. Analysis fuel efficiency use one kind of vessel, it is crew boat. A research can be concluded that the existing mooring buoy with the additional platform can increase fuel consumption a vessel. So the determination of location new mooring buoy expected can make vessel use the fuel may more optimal. The new mooring buoy would affect to changes the distance between platform and mooring buoy. So that, this will change the time when vessel moving and also can changes time stay the vessel. Therefore, analysis efficiency in this case study could be divided into two the state, which is efficiency in terms of moving a vessel and efficiency vessel with total time stay. From calculation, it can be concluded that fuel efficiency occurs based on the position of new mooring buoy in terms of moving for first vessel is 20.50 % and for second vessel is 23,15 %. In terms of the efficiency of moving happened fairly significant .While efficiency in terms of total need fuel first vessel with different stay time is 2.13 % and with same stay time is 7,35 %. Efficiency of the total needs second vessel with different time stay is 2.17 % and with same stay time is 9,49 % . So that efficiency in terms of total fuel not experienced many changes. But an analysis of the overall efficiency the use of fuel vessel is the determination of the location new mooring buoy makes the occurrence of operational efficiency of the fuel vessel system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/1089/051700156
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 23 Jan 2017 14:46
Last Modified: 22 Oct 2021 00:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144240
[thumbnail of i._KataPengantar,_Daftar,Ringkasan,Summary.pdf]
Preview
Text
i._KataPengantar,_Daftar,Ringkasan,Summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of iii._BAB_II.pdf]
Preview
Text
iii._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ii._BAB_I.pdf]
Preview
Text
ii._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of iv._BAB_III.pdf]
Preview
Text
iv._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ix._Lampiran.pdf]
Preview
Text
ix._Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of v._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
v._BAB_IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of vii._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
vii._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of vi._BAB_V.pdf]
Preview
Text
vi._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of i._Cover.pdf]
Preview
Text
i._Cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item