Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Tingkat Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Mandiri,

Luqyana, Inan (2016) Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Tingkat Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Mandiri,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Setiap tahunnya pertumbuhan bank syariah menunjukkan kecenderungan yang positif, akan tetapi porsi pasar perbankan syariah terhadap industri perbankan nasional belum mencapai target yang telah ditentukan. Bank syariah yang dipilih dalam penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Boulevard Surabaya. Hal ini dikarenakan dana pendanaan yang dicapai oleh BSM KC Boulevard belum mencapai target yang telah ditentukan, sehingga perlu dilakukan perumusan strategi pemasaran untuk meningkatkan dana DPK agar mencapai target yang telah ditentukan. Pada penelitian ini dilakukan analisis tingkat faktor yang mempengaruhi nasabah dalam memilih Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Boulevard Surabaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah BSM pada penelitian ini adalah service quality, word of mouth communication, knowledge, agama, promosi, dan lokasi. Faktor-faktor tersebut akan diuji dengan menggunakan uji friedman untuk mengetahui apakah dari keenam faktor tersebut memiliki pengaruh berbeda terhadap nasabah. Selanjutnya hal yang dilakukan adalah merumuskan strategi pemasaran dengan analisis SWOT. Dari hasil analisis SWOT terbentuklah beberapa strategi pemasaran. Hal yang selanjutnya dilakukan adalah pemilihan strategi dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk memilih satu strategi yang terbaik. Dari hasil uji Friedman, faktor yang memiliki nilai ranking tertinggi adalah faktor agama dan yang memiliki nilai ranking terendah adalah promosi. Selanjutnya dianalisis dengan SWOT dengan strategi yang terpilih adalah stable growth strategy. Terdapat empat Stable growth strategy yang dirumuskan, yaitu meningkatkan kualitas pelayanan, fasilitas, dan teknologi yang canggih, melakukan pendekatan pemasaran melalui komunitaskomunitas muslim kelas menengah, melakukan promosi di beberapa acara keagamaan seperti haji dan umroh, serta melakukan pemilihan lokasi yang baik yaitu dengan kriteria lokasi yang mudah untuk dijangkau, dekat dengan perkantoran, rumah, dan pusat keramaian. Dari hasil QSPM, strategi yang terpilih adalah strategi dengan melakukan pendekatan pemasaran melalui komunitas-komunitas muslim kelas menengah. Komunitas muslim kelas menengah yang didekati secara baik, dikemudian harinya akan memandang merek sabagai sahabat komunitas mereka. Sehingga setiap kali mereka memiliki kegiatan yang berhubungan dengan perbankan, anggota komunitas akan mengingat produk yang ditawarkan oleh BSM. Dari interaksi yang semakin yang lama dan semakin dalam, harapannya secara perlahan-lahan anggota komunitas akan memainkan peran selaku “brand advocate” untuk merek mereka sehingga BSM akan semakin dikenal oleh masyarakat. Komunitas kelas menengah tersebut bisa mencakup berbagai segmen nasabah, diantaranya adalah komunitas hijab, komunitas wirausaha muslim, komunitas pengajian, komunitas parenting, komunitas ibu rumah tangga, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/968/051601703
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Mar 2016 10:00
Last Modified: 21 Oct 2021 21:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144144
[thumbnail of INAN_LUQYANA_-_115060700111009.PDF]
Preview
Other
INAN_LUQYANA_-_115060700111009.PDF

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item