Studi Pola Pemberian Air berdasarkan Efisiensi Pemakaian Air pada Tanaman Cabai Keriting dengan Metode Irigasi Tetes

Widayati, FanyEka (2015) Studi Pola Pemberian Air berdasarkan Efisiensi Pemakaian Air pada Tanaman Cabai Keriting dengan Metode Irigasi Tetes. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Irigasi tetes adalah merupakan metode pemberian air yang digambarkan sebagai pemberian air dengan debit yang rendah. Pengadaan alat pada irigasi tetes cukup mahal dan rumit dalam penerapannya. Dengan demikian diperlukan alternatif untuk dapat menghemat dalam pengadaan alat irigasi. Serta untuk melanjutkan dari penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa tingkat kebutuhan efektif air tanaman untuk pertumbuhan dan hasil produksi tanaman maksimal berkisar antara 60-80% dari kebutuhan air tanaman, dalam penelitian ini akan diteliti pemberian air mana yang paling optimal antara 60-80%. Pada penelitian ini dilakukan tiga perlakuan dengan pemberian air 60%, 70%, dan 80% terpenuhi dari kebutuhan air tanaman cabai keriting. Data yang diamati adalah data tinggi tanaman, data jumlah bunga, data jumlah bakal buah, dan data berat tanaman cabai keriting. Metode perhitungan menggunakan Analysis of Variance untuk perhitungan homogenitas data hasil pengamatan, jika data tidak homogen maka dilanjutkan dengan Uji Lanjut Beda Nyata Terkecil untuk mengetahui data mana yang memiliki nilai beda. Hasil dari penelitian ini perlakuan 80% terpenuhi dari kebutuhan air tanaman cabai keriting adalah perlakuan terbaik yang menghasilkan hasil produksi tanaman cabai keriting yang paling maksimal. Kesimpulan perlakuan terbaik ini hanya bisa untuk pedoman dengan parameter penelitian yang sama seperti yang diterapkan dalam penelitian ini, seperti jenis tanah yang dipakai, suhu udara, ketinggian tempat penelitian, curah hujan tempat penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/940/051600732
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Jan 2016 13:20
Last Modified: 21 Oct 2021 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144115
[thumbnail of BAB_I-V_LENGKAP_FANY.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V_LENGKAP_FANY.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item