Rizqian, MufidzAkbar (2015) Kajian Penentuan Tarif Angkutan Kota di Kota Malang (Studi Kasus Angkutan Kota Trayek AG dan TST. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kenaikan harga bahan bakar minyak mempengaruhi kenaikan tarif angkutan kota yang berlaku di Kota Malang. Perlu dilakukan kajian mengenai kesesuaian kenaikan tarif yang berlaku dengan kebutuhan sopir, pemilik kendaraan dan kemampuan penumpang angkutan kota Malang. Kajian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik masyarakat pengguna angkutan kota Malang trayek Arjosari-Gadang (AG) dan Tlogowaru-Sarangan-Tasikmadu (TST), menghitung biaya operasional kendaraan (BOK) dari sisi sopir dan pemilik kendaraan, melakukan analisis kemampuan (ATP) dan kemauan (WTP) pengguna angkutan kota Malang trayek AG dan TST pada tarif yang berlaku pada saat penelitian dilakukan dan yang terakhir melakukan analisis kesesuaian tarif angkutan kota yang berlaku dan tarif ATP dan WTP dengan nilai upah minimum regional Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan survei statis dan dinamis dan analisis biaya operasional kendaraan dari pihak sopir dan pemilik kendaraan juga kemampuan (ATP) dan kemauan (WTP) penumpang angkutan kota Malang trayek AGdan TST. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah penumpang yang dapat ditampung dalam satu hari. Teknik sampling menggunakan rumus metode random sampling. Jumlah sampel untuk penumpang trayek AG dan TST masing – masing berjumlah 100 orang. Jumlah armada angkutan yang diteliti sebesar 10% dari jumlah armada yang beroperasi yaitu diambil 30 armada pada trayek AG dan 12 armada pada trayek TST. Hasil penelitian menunjukkan responden didominasi oleh perempuan (67%). Jenis pekerjaan responden sebanyak 52% untuk angkutan kota AG dan 25% responden untuk angkutn kota TST merupakan pelajar/mahasiswa. Sebanyak 57% responden trayek AG dan 49% responden tayek TST memiliki pendidikan terakhir SMA. Sebagian besar responden trayek AG (44%) menggunakan angkutan kota untuk tujuan perjalanan wisata/ keluarga/ pribadi dan 44% responden trayek TST melakukan perjalanan dengan tujuan belanja/ dagang. sejumlah 43% respondden angkutan kota trayek AG berpenghasilan Rp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000 setiap bulan. Sedangkan pada trayek TST sebagian besar (38%) responden memiliki penghasilan diantara Rp. 1.000.000 - Rp. 2.000.000 per bulan. Responden angkutan kota trayek AG lumayan sering melakukan perjalanan menggunakan angkutan kota (49%) sedangkan responden pada trayek TST sebanyak 43% responden sering menggunakan angkutan kota untuk melakukan perjalanan. Hasil analisis biaya operasional kendaraan (BOK) harian dari sopir angkutan kota trayek AG sebesar Rp. 225.580 per hari dan untuk trayek TST yaitu sebesar Rp.230.483,33per hari. Dengan tarif yang berlaku sebesar Rp. 4000, pendapatan sopir untuk trayek AG sebesar Rp.2.016.6560 per bulan untuk trayek TST sebesar Rp. 2.035.911 per bulan. Sedangkan pemilik kendaraan mendapatkan penghasilan sebesar Rp 158.703 per bulan untuk trayek AG dan sebesar Rp.541.133,417 per bulan untuk trayek TST. Besar tarif angkutan kota berdasarkan grafik hubungan kemampuan (ATP) dan kemauan (WTP) penumpang angkutan kota adalah sebesar Rp. 3.400 untuk trayek AG dan Rp. 3.200 untuk trayek TST. Dengan tarif baru tersebut sopir angkutan kota trayek AG mendapatkan penghasilan Rp. 1.340.379,26 per bulan dan Rp. 637.311,69 untuk trayek TST. Pendapatan sopir dengan tarif berlaku sebesar Rp. 4.000 berada diatas nilai upah minimum regional kota malang, yang berada pada besaran Rp. 1.882.250, sehingga masih relevan untuk diberlakukan. Sedangkan tarif dari grafik ATP dan WTP tidak bisa diberlakukan karena pendapatan sopir setiap bulannya berada dibawah nilai upah minimum regional Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2015/923/051600715 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 14:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2016 14:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144094 |
Actions (login required)
View Item |