Pengaruh Suhu Pemadatan Terhadap Kinerja Marshall Pada Campuran CPHMA Menggunakan LGA dan Aspal Minyak Penetrasi 60/70

Bagus, Gabriel (2015) Pengaruh Suhu Pemadatan Terhadap Kinerja Marshall Pada Campuran CPHMA Menggunakan LGA dan Aspal Minyak Penetrasi 60/70. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aspal Buton merupakan salah satu hasil alam yang hanya terdapat di Indonesia. Jumlahnya yang berlimpah dapat dijadikan salah satu alternatif pengganti aspal minyak untuk memenuhi kebutuhan aspal nasional Salah satu produk aspal Buton yang banyak digunakan adalah LGA (Lawele Granular Asphalt) yang digunakan sebagai bahan baku utama RMA (Ready Mix Asphalt) Buton. Ready Mix Asphalt merupakan campuran CPHMA (Cold Paving Hot Mix Asbuton) yang menggunakan suhu tinggi pada saat pencampuran dan menggunakan suhu rendah pada saat pemadatan. Proses pemadatan yang dapat dilakukan pada suhu yang tidak terlalu panas menjadi salah satu kelebihan dari campuran CPHMA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh suhu pemadatan yang divariasi beserta penambahan aspal minyak AC 60/70 terhadap karakteristik campuran berupa nilai stabilitas, flow, VIM, VMA, VFB, dan Marshall Quotient pada campuran CPHMA. Pada penelitian ini digunakan perlakuan suhu pemadatan 250C, 37,50C, 500C, 67,50C serta penambahan aspal minyak dengan prosentase 5%, 10%, 15%, dan 20%. Masing masing perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak tiga kali dengan total benda uji sebanyak 60 buah. Penggunaan suhu pemadatan paling tinggi 67,50C adalah dengan asumsi bahwa kegiatan pemadatan di lapangan tidak membutuhkan suhu tinggi seperti yang tertera pada spesifikasi. Pembuatan benda uji menggunakan gradasi untuk campuran CPHMA yang telah ditetapkan oleh PU Bina Marga. Untuk proses pemadatan tetap dilakukan dengan cara yang sama seperti pembuatan campuran hot mix. Metode analisis data yang digunakan adalah analisa one way anova dan two ways anova dengan metode duncan untuk analisis statistik, dengan tujuan untuk mengetahui beda nyata antara rata – rata nilai variabel dependen (stabilitas, flow, MQ, VIM,VMA,VFB) dengan satu atau dua variabel independen, yaitu suhu dan kadar aspal. Untuk mencari nilai optimum menggunakan metode analisis regresi kuadratik berganda dan iterasi newton (Generalized Newton’s Method). Dari hasil analisis one way dan two way anova yang dilakukan dengan metode Duncan, didapatkan hasil bahwa antar variabel independen yaitu suhu dan kadar aspal memiliki pengaruh terhadap variabel dependen yaitu stabilitas, flow, MQ, VIM, VMA, dan VFB. Perubahan suhu pemadatan yang dilakukan, memberikan pengaruh yang nyata untuk meningkatkan nilai stabilitas, flow, MQ, dan juga VFB, namun menurunkan nilai dari VIM dan VMA. Penambahan kadar aspal yang dilakukan tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap semua variabel dependen, meskipun penambahan kadar aspal meningkatkan nilai stabilitas, flow, MQ, dan juga VFB, tetapi menurunkan nilai dari VIM dan VMA. Sedangkan untuk analisis Generalized Newton’s Method didapatkan bahwa suhu optimum untuk campuran CPHMA yaitu 900C dan kadar aspal minyak sebesar 7,653% yang diperoleh dari hasil iterasi persamaan VIM (Void In Mix). Persamaan VIM yang digunakan adalah (z = 25.0323-0,13041x-0,45944y+0,000225x2+0,047268y2-0,005576xy-0,00000111x2y2). Berdasarkan nilai suhu optimum dan kadar aspal minyak optimum diatas didapatkan nilai stabilitas, flow, marshall quotient, VIM, Void in Mineral Agregat (VMA), dan Void Filled with Bitumen (VFB) berturut turut sebesar 1468,770 kg; 3,875mm; 419,273; 15,834%; 26,399%; dan 41,610%. Nilai karakteristik Marshall yang ada tidak sepenuhnya memenuhi spesifikasi yang sudah ditetapkan. Nilai yang tidak memenuhi spesifikasi adalah VIM dan VFB. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan suhu pemadatan yang divariasi hingga suhu 900C sesuai dengan hasil iterasi yang sudah didapatkan. Dan perlu diperhatikan dalam pembuatan rancangan percobaan. Diharapkan penelitian selanjutnya melakukan pengujian terhadap berat jenis campuran dari aspal minyak dan LGA sesuai dengan proporsi tiap rancangan percobaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/912/0516000704
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Feb 2016 13:47
Last Modified: 01 Feb 2016 13:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144081
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item