Single Axis Linear Slide Actuator (Slider) Robot Menggunakan Stepper Motor Dalam Aplikasi Kontes Robot Abu Indonesia

Wicaksono, MuhammadJakaWimbang (2015) Single Axis Linear Slide Actuator (Slider) Robot Menggunakan Stepper Motor Dalam Aplikasi Kontes Robot Abu Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kontes Robot Abu (KRAI) adalah perlombaan resmi yang diselenggarakan tiap tahunnya oleh DIKTI. Perlombaan ini di ikuti oleh seluruh Universitas di Indonesia. Rule dari perlombaan KRAI adalah bersumber dari perlombaan se-Asia-Pasific yaitu ABU Robocon (Asia-Pasific Broadcasting Union Robot Contest). Peraturan ABU Robocon berbeda tiap tahunnya sesuai negara mana yang menjadi tuan rumah. Single axis linear slide actuator (slider) sering digunakan dalam perlombaan KRAI apabila robot membutuhkan perpanjangan lengan dalam melaksanakan tugasnya. Efisiensi gerakan sangat dibutuhkan pada pergerakan slider. Slider robot menggunakan aktuator yaitu stepper motor. Rotary encoder sebagai pembaca posisi slider dan keypad sebagai setpoint. Stepper motor yang digunakan memiliki arus perfasa sebesar 1,5 A/phase dan step angle sebesar 1,80. Dalam pengujian di dapatkan jarak per pulsa sebesar 0,44mm/pulsa untuk mode full step dan 0,21875 mm/pulsa untuk mode half step dan nilai pembacaan jarak rotary per pulsa sebesar 1,7543 mm/pulsa. kesalahan pembacaan terbesar pada rotary encoder adalah 3,3 % dan kesalahan pembacaan penggaris sebesar 1,67 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/883/051600674
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jan 2016 11:18
Last Modified: 21 Oct 2021 08:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144045
[thumbnail of MAKALAH_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
MAKALAH_SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item