Ruang Terapi Okupasi Activities of Daily Living (ADL) Anak Tunadaksa di YPAC Malang dengan Pendekatan Klasifikasi Gangguan,

Azzahra, AnnisaVrisna (2015) Ruang Terapi Okupasi Activities of Daily Living (ADL) Anak Tunadaksa di YPAC Malang dengan Pendekatan Klasifikasi Gangguan,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak tunadaksa adalah anak yang memiliki kelainan pada anggota tubuhnya disebabkan oleh penyakit atau bawaan sejak lahir. Jenis kelainan tunadaksa celebral palsy memiliki klasifikasi gangguan yang sangat beragam, menyebabkan kebutuhan dan aktivitas setiap anak berbeda-beda. Anak tunadaksa celebral palsy yang mengalami gangguan pada tangan dan/atau kaki menjalani program terapi okupasi Activites of Daily Living (ADL) yang lebih rumit dibanding pada anggota gerak lainnya, karena kedua anggota gerak tersebut yang paling sering digunakan pada aktivitas sehari-hari. YPAC Malang memiliki fasilitas terapi okupasi untuk anak tunadaksa celebral palsy, tetapi lebih dari 50% elemen ruang pada ruang terapi okupasi YPAC Malang masih belum menjawab urgensi kebutuhan anak untuk dapat beraktivitas sehari-hari dengan mandiri. Tujuan dari studi ini adalah merancang ruang terapi okupasi Activities of Daily Living (ADL) di YPAC Malang sesuai dengan karakteristik anak tunadaksa melalui pendekatan klasifikasi gangguan pada tangan dan kaki. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan metode perancangan menggunakan metode pragmatis. Ruang terapi okupasi di YPAC Malang melayani pelatihan untuk kemampuan motorik maupun aktivitas sehari-hari anak tunadaksa celebral palsy. Selama melakukan aktivitas terapi, kenyamanan anak merupakan hal yang sangat berpengaruh pada keberhasilan terapi. Dalam aspek arsitektural, kenyamanan dalam beraktivitas dicapai melalui aspek dimensi ruang dan perabot yang sesuai dengan klasifikasi gangguan anak. Perancangan ruang terapi okupasi ADL menggunakan suatu kriteria desain yang dibuat berdasarkan kebutuhan anak tunadaksa celebral palsy yaitu, jenis klasifikasi gangguan dan antropometri anak sesuai dengan usia. Evaluasi pada eksisting area terapi okupasi YPAC Malang dilakukan untuk mengetahui elemen-elemen pada eksisting yang belum memenuhi kriteria desain tersebut. Hasil akhir rancangan ruang terapi okupasi Activites of Daily Living (ADL) untuk anak tunadaksa di YPAC Malang adalah dengan melakukan pengembangan luasan bangunan untuk memenuhi ruang gerak anak tunadaksa saat beraktivitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/878/051600669
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Feb 2016 10:31
Last Modified: 21 Oct 2021 08:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144039
[thumbnail of SKRIPSI_669.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_669.pdf

Download (15MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item