Pengaruh Tingkat Keterpaduan Moda Transportasi Darat Terhadap Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Moda Di Kota Makassar

Kasim, MuhammadRidha (2015) Pengaruh Tingkat Keterpaduan Moda Transportasi Darat Terhadap Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Moda Di Kota Makassar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Makassar Mempunyai Kedudukan Strategis Sebagai Pusat Pelayanan Dan Pengembangan Di Propinsi Sulawesi Selatan Bahkan Sebagai Pusat Pelayanan Bagi Kawasan Timur Indonesia. Semakin Hidup Suatu Kota, Pergerakan Masyarakatnya Semakin Tinggi. Hal Itu Perlu Diimbangi Dengan Laju Sarana Transportasi (Moda) Dan Infrastrukturnya. Permasalahan Yang Banyak Ditemui Di Kota-Kota Besar Dunia, Termasuk Kota Makassar Adalah Masalah Transportasi. Pada Umumnya Masalah Timbul Ketika Moda Yang Dipilih Masyarakat Adalah Kendaraan Pribadi. Masalah Semakin Bertambah, Ketika Pertumbuhan Kendaraan Pribadi Tidak Seimbang Dengan Pertambahan Panjang Jalan.Para Pemangku Kebijakan, Mulai Beralih Untuk Menekan Penggunaan Kendaraan Pribadi Dan Meningkatkan Sarana Serta Prasarana Angkutan Umum. Caranya Melalui Sistem Transportasi Antarmoda Dan Sistem Transportasi Angkutan Umum Terpadu (Multimoda). Artinya, Berbagai Moda Dapat Terkombinasikan Dengan Baik, Efisien Serta Efektif Sehingga Orang Dapat Berpindah Dari Satu Jenis Angkutan Ke Angkutan Lainnya Dengan Cepat, Murah Dan Nyaman. Penelitian Ini Ditujukan Untuk Mengetahui Tingkat Keterpaduan Moda Transportasi Umum, Mengetahui Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Moda, Serta Pengaruh Keterpaduan Moda Tersebut Terhadap Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Moda. Metode Analisis Yang Digunakan Adalah Analisis Tingkat Keterpaduan Moda Dengan Penilaian Terhadap Masing-Masing Variabel Kemudian Dibentuk Kedalam Kanvas Penilaian Untuk Mengetahui Persebaran Nilai Serta Analisis Regresi Multinomial Untuk Mengetahui Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Preferensi Masyarakat. Selanjutnya Digunakan Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Anngkutan Umum, Dan Dibandingakn Dengan Hasil Dari Analisis Regresi. Hasil Dari Penelitian Ini Yaitu Preferensi Masyarakat Kota Makassar Sebanyak 50,37% Masyarakat Menyatakan Ingin Berpindah Dari Kendaraan Umum Ke Kendaraan Pribadi, Sementara Sebanyak 29,63% Bersikap Netral, Serta Sisanya Sebanyak 20,00% Menyatakan Tidak Ingin Berpindah Atau Tetap Ingin Memakai Kendaraan Umum. Sementara, Berdasarkan Hasil Analisis Regresi Multinomial, Urutan Kecenderungan Pemilihan Moda Adalah Masyarakat Lebih Cenderung Bersikap Netral, Kemudian Mau Berpindah, Dan Terakhir Tidak Mau Berpindah. Tingkat Keterpaduan Moda Transportasi Darat Kota Makassar Berdasarkan 13 Kriteria Penilaian, Terdapat 2 Kategori Yang Memiliki Nilai Sangat Rendah, 4 Kriteria Yang Berada Pada Nilai Rendah Dan Untuk Sisanya, Yaitu 2 Kriteria Berada Pada Kriteria Tinggi Dan 1 Kriteria Sangat Tinggi. Beberapa Hal Yang Dapat Dilakukan Oleh Stakeholder Terkait Untuk Meningkatkan Keterpaduan Moda, Serta Agar Masyarakat Dapat Lebih Memilih Kendaraan Umum Daripada Kendaraan Pribadi Adalah Mengatur Kembali Jumlah Armada Dan Menyesuaikan Dengan Waktu Tunggu Penumpang Agar Tidak Lebih Dari 6 Menit, Jumlah Penumpang Dengan Tingkat Keterisian Kendaraan Antara 60%-70%, Adanya Pilihan Trayek Yang Melewati Lokasi Asal Penumpang Sebanyak Minimal 1 Trayek, Serta Lokasi Dan Jumlah Terminal Yang Belum Dapat Melayani Seluruh Bagian Wilayah Kota Makassar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/876/051600667
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Feb 2016 10:19
Last Modified: 21 Oct 2021 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144037
[thumbnail of 8._Bab_I_13-09-15.pdf]
Preview
Text
8._Bab_I_13-09-15.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._Lembar_orisinalitas.pdf]
Preview
Text
4._Lembar_orisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
6._Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._Ringkasan.pdf]
Preview
Text
5._Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
3._Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
7._Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._Bab_IV_13-09-15.pdf]
Preview
Text
11._Bab_IV_13-09-15.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 10._Bab_III_13-09-15.pdf]
Preview
Text
10._Bab_III_13-09-15.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12._Bab_V_13-09-15.pdf]
Preview
Text
12._Bab_V_13-09-15.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._Bab_II_13-09-15.pdf]
Preview
Text
9._Bab_II_13-09-15.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13._Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
13._Daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._cover.pdf]
Preview
Text
1._cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
2._Lembar_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item