Sistem Pengendalian Intensitas Cahaya Pada Miniatur Ruang Kuliah Dengan Menggunakan Kontroler On-Off

Zulkarnain, PanduArya (2015) Sistem Pengendalian Intensitas Cahaya Pada Miniatur Ruang Kuliah Dengan Menggunakan Kontroler On-Off. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Intensitas Cahaya Merupakan Salah Satu Faktor Yang Harus Diperhatikan Untuk Desain Ruang Kuliah. Kekurangan Intensitas Cahaya Akan Menyebabakan LVS (Light Vision Syndrome) Sehingga Mata Cepat Lelah, Di Sisi Lain Terlalu Banyak Intensitas Cahaya Akan Menyebabkan Photopobia Pada Mata. Oleh Karena Itu Pada Penelitian Ini Penulis Akan Mendesain Suatu Sistem Pengendalian Intensitas Cahaya Pada Miniatur Ruang Kuliah. Pada Penelitian Ini Dibuat Suatu Perekayasaan Kondisi Lingkungan Untuk Pengendalian Intensitas Cahaya Menggunakan Miniatur Ruang Kuliah. Sensor Yang Digunakan Adalah LDR (Light Dependent Resistor). Sensor LDR Ini Berfungsi Untuk Membaca Intensitas Cahaya Yang Masuk Pada Plant. Setpoint Intensitas Cahaya Yang Digunakan 250 Lux. Sensor LDR Diletakkan Dibawah Lampu LED, Apabila Intensitas Cahaya Kurang Dari Setpoint Maka Lampu Akan Semakin Terang Dan Apabila Lebih Dari Setpoint Maka Lampu Akan Mati. Hasil Pengujian Yang Dilakukan Menggunakan Kontroler On-Off Terhadap Sistem Mampu Mempertahankan Level Respon Selama 270 Detik Atau 4,5 Menit Pada Rentang Level 262-246 Lux.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/868/051600659
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Jan 2016 09:13
Last Modified: 21 Oct 2021 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144028
[thumbnail of Makalah_Skripsi_3.pdf]
Preview
Text
Makalah_Skripsi_3.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item