Kajian Tarif Kereta Api Penataran Jurusan Blitar – Surabaya

Hartasantoso, Fakhrul (2015) Kajian Tarif Kereta Api Penataran Jurusan Blitar – Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dicabutnya subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan pemerintah menyebabkan terjadinya fluktuasi harga BBM yang mengikuti harga minyak dunia. Hal ini mengakibatkan berubahnya biaya operasional kereta api sebelum dicabut dan setelah dicabutnya subsidi, sehingga nanti akan berpengaruh pada penetapan tarif kereta api. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), kesesuaian tarif berdasarkan kemampuan (ATP) dan kemauan (WTP) penumpang dalam membayarkan jasa transportasi KA, dan mengetahui tingkat pelayanan KA Penataran saat ini. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan dengan tarif yang berlaku saat ini, untuk mengetahui kesesuaian tarif berdasarkan kemampuan (Ability To Pay) dan kemauan (Willingness To Pay) membayar jasa transportasi massal kereta api dengan tarif yang berlaku saat ini dan tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, untuk mengetahui tingkat pelayanan Kereta Api Penataran saat ini ditinjau dari sisi penumpang. Kajian ini menggunakan metode survei wawancara. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 809 penumpang dengan jumlah sampel sebanyak 300 dengan menggunakan bantuan rumus Slovin. Digunakan asumsi tingkat keterandalan 95% sehingga nilai galat pendugaan sebesar 5% (0,05). Data dikumpulkan dengan metode angket. Dilakukan di Stasiun Blitar, kota Blitar dengan penumpang yang bertujuan dari Blitar ke Surabaya lewat Malang. Metode analisis dalam kajian ini menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA), Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP). Metode IPA digunakan untuk melihat bagaimana kinerja kendaraan ditinjau dari tingkat kinerja dan tingkat kepentingannya. Metode ATP digunakan untuk menentukan besaran tarif yang mampu dibayar oleh responden, sementara metode WTP digunakan untuk menentukan besaran tarif yang bersedia dibayar oleh responden untuk menggunakan jasa. Berdasarkan analisis IPA didapatkan nilai rata-rata kepentingan dari keseluruhan atribut pelayanan sebesar 4,435 dan nilai rata-rata kinerjanya sebesar 3,213. Nilai tingkat kesesuaian sebesar 72,31% sehingga dapat dikatakan kinerjanya baik. Dari hasil analisis didapatkan 2 atribut yang dianggap penting namun kinerjanya kurang sehingga mendapat prioritas utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu kondisi toilet dan ketersediaan fasilitas bagi penumpang difable, yang meliputi penyandang disabilitas,wanita hamil, orang sakit dan lansia. Berdasarkan analisis BOKA yang didapatkan dari perhitungan PT.KAI sebesar Rp43.918,- jauh lebih besar dari tarif yang berlaku saat ini yaitu Rp15.000,- yang artinya untuk menurunkan besaran tarif dari perhitungan BOKA menjadi tarif yang berlaku saat ini sudah dialokasikan subsidi sebesar Rp28.918,-. Berdasarkan analisis Ability to Pay didaptakan persamaan regresi Y=0,0007X+444,1 dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp4.435.074,- sebagai X sehingga diperoleh nilai ATP sebesar Rp7.459,-. Persentase responden yang mampu membayar tarif yang berlaku saat ini sebanyak 25,33%. Berdasarkan analisis Willingness to Pay didapatkan persamaan regresi Y=0,0003X+9954,7 dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp4.435.074,- sebagai X sehingga diperoleh nilai WTP sebesar Rp11.285,-. Persentase responden yang bersedia membayar sesuai tarif yang berlaku saat ini sebanyak 53,67%. Selanjutnya berdasarkan kesesuaian ATP dan WTP diperoleh nilai tarif yang memenuhi keduanya sebesar Rp10.500,-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/740/051506919
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 27 Oct 2015 09:58
Last Modified: 27 Oct 2015 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143886
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item