Analisa Tegangan dan Regangan Perkerasan Porus Dengan Skala Semi Lapangan dan Software ANSYS

Amaliyah, ElaFirda (2015) Analisa Tegangan dan Regangan Perkerasan Porus Dengan Skala Semi Lapangan dan Software ANSYS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkerasan porus merupakan perkerasan yang mengijinkan air masuk kedalam lapisan perkerasan untuk dialirkan kedalam tanah. Perkerasan porus memiliki porositas dan permeabilitas yang tinggi, hal ini menyebabkan ikatan agregat perkerasan lebih lemah sehingga kekuatannya pun berkurang. Maka, perlu dilakukan penelitian terkait perilaku perkerasan porus yaitu tegangan dan regangan aspal porus dalam menerima beban. Penelitian tersebut dilakukan dengan metode analitis yaitu dengan skala semi lapangan dan metode elemen hingga. Untuk itu, penulis mengadakan penelitian dengan tujuan mengukur regangan pada struktur perkerasan porus skala semi lapangan yang diberi beban dinamis dan beban statis, mengukur tegangan dan regangan struktur perkerasan porus dengan ANSYS dan membandingkan hasil regangan antara pengukuran skala semi lapangan dengan pengukuran menggunakan software ANSYS. Pada penelitian ini, digunakan kriteria perkerasan yang menyerupai kondisi sesungguhnya baik pada beban, material, maupun ketebalannya. Beban yang digunakan merupakan beban satu roda sebesar 17 kg/cm2. Material subbase berupa batu pecah dengan gradasi kelas B, base berupa batu pecah gradasi kelas A, dan surface berupa aspal porus dengan tambahan 8% additive gilsonite. Metodologi penelitian pada pengukuran regangan perkerasan porus skala semi lapangan yaitu regangan dan tegangan yang diukur hanya pada bagian bawah aspal porus. Pertama, perkerasan porus diberikan beban dinamis lalu nilai regangan dibaca setiap 50 kali lintasan hingga 1000 lintasan. Selanjutnya, regangan juga diukur menggunakan beban statis. Sedangkan untuk Finite Element Method dilakukan pengukuran tegangan dan regangan dengan beban statis. Regangan dari pengukuran dengan skala semi lapangan menggunakan beban dinamis, pengukuran dengan skala semi lapangan menggunakan beban statis, dan regangan dari ANSYS dibandingkan satu sama lain. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa regangan yang terjadi pada bagian bawah aspal adalah regangan tarik. Namun, pemberian beban dinamis dan beban statis menyebabkan nilai regangan yang berbeda. Pada analisis ANSYS, tegangan berupa tarik dimana nilai maksimum berada tepat dibawah roda dan akan semakin berkurang seiring dengan jaraknya terhadap beban roda. Regangan dari analisis ANSYS dengan beban statis mendapat nilai yang berbeda dengan hasil regangan dari pengukuran skala semi lapangan yang diberi beban statis dan beban dinamis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah regangan yang diperoleh dari pengukuran dengan skala semi lapangan akibat beban statis dan beban dinamis memiliki perbedaan dimana regangan yang dihasilkan oleh beban dinamis lebih kecil daripada regangan akibat beban statis. Hal ini dikarenakan adanya efek perlakuan beban yang berbeda. Sedangkan regangan yang dihasilkan pengukuran skala semi lapangan dengan beban statis juga berbeda dengan regangan yang dihasilkan oleh ANSYS dimana regangan pada ANSYS lebih kecil daripada regangan dari pengukuran skala semi lapangan. Hal ini menujukkan bahwa karakteristik material sebagai input pada ANSYS kurang sesuai dengan karakteristik material yang sesungguhnya. Oleh karena itu, sebaiknya karakteristik material diuji terlebih dahulu menggunakan alat standar, bukan dari pendekatan rumus. Selain itu, beban yang diberikan saat pengukuran regangan dengan ANSYS akan lebih baik jika menggunakan beban dinamis sehingga menyerupai kondisi nyata di lapangan. Evaluasi tegangan dan lendutan pada penelitian berikutnya juga diperlukan untuk lebih mengetahui perilaku perkerasan dalam menerima beban.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/74/051500746
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Feb 2015 08:14
Last Modified: 05 Feb 2015 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143884
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item