Aplikasi Kontrol Logika Fuzzy Pada Pengendalian Penerangan dan Suhu Ruangan Berdasarkan Keberadaan Manusia

Rosadi, Heru (2015) Aplikasi Kontrol Logika Fuzzy Pada Pengendalian Penerangan dan Suhu Ruangan Berdasarkan Keberadaan Manusia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerangan dan suhu merupakan parameter penting pada sebuah ruangan. Pengendalian secara manual menyebabkan beberapa masalah seperti lampu dan pendingin ruangan yang masih menyala walaupun ruangan dalam keadaan kosong dan tingkat penerangan dan suhu di dalam ruangan sudah memenuhi tingkat kenyamanan. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan sistem yang dapat mengontrol tingkat penerangan dan suhu secara otomatis. Sistem juga harus dapat mengetahui keberadaan manusia didalam ruangan, sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh manusia dan tidak ada pemakaian energi yang sia-sia. Skripsi ini menggunakan 2 kontrol logika fuzzy (KLF) yaitu KLF untuk suhu dan KLF untuk iluminasi. Fungsi keanggotaan masukan berbentuk segitiga berupa error dan deltaerror dengan 5 variabel yaitu NB, NS, Z, PS, dan PB. Fungsi keanggotaan keluaran berupa nilai PWM kipas untuk masukan suhu dan nilai PWM lampu LED untuk masukan iluminasi. Fungsi keanggotaan keluaran berbentuk singleton dengan 5 variabel. Sensor PIR diletakkan maksimum 40 centimeter dari tinggi manusia saat memasuki ruangan. Untuk mencapai set point 250C suhu dari kondisi awal 290C membutuhkan waktu 1772 detik sedangkan dari kondisi awal 210C membutuhkan waktu 378 detik. Untuk mencapai steady iluminasi membutuhkan waktu 22 detik dengan nilai 256 lux.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/708/051506887
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Oct 2015 10:23
Last Modified: 21 Oct 2021 04:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143846
[thumbnail of Skripsi_(I-VI).pdf]
Preview
Text
Skripsi_(I-VI).pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_(complete).pdf]
Preview
Text
Skripsi_(complete).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item