Studi Prakiraan Beban Listrik Jangka Pendek Model ARIMA Pada PT. PLN APJ Malang,

Setiawan, YuniarAdi (2015) Studi Prakiraan Beban Listrik Jangka Pendek Model ARIMA Pada PT. PLN APJ Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Energi listrik merupakan energi utama yang digunakan hampir diseluruh sisi kehidupan. Penyaluran energi listrik diperlukan kontinuitas pelayanan yang baik kepada konsumen. Karena energi listrik tidak bsa disimpan, maka energi listrik harus diproduksi dan disalurkan saat itu juga. Kebutuhan energi listrik pun semakin meningkat maka dibutuhkan peramalan beban listrik harian yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan energi listrik dimasa mendatang dengan tujuan untuk menjaga kestabilan sisitem tenaga listrik harian. Pembangkit harus bisa untuk menyesuaikan kebutuhan energi lisrik konsumen dengan total daya yang dihasilkan. PLN sebagai penyedia jasa energi listrik membutuhkan perencanaan dengan menggunakan metode peramalan beban untuk mengetahui besar daya yang dibutuhkan konsumen agar daya yang disalurkan tepat sasaran dan tepat ukuran. Metode peramalan ini untuk memperkirakan besar daya yang harus dihasilkan oleh pembangkit agar sesuai dengan daya yang dibutuhkan konsumen. Banyak metode untuk peramalan beban listrik, namun bila untuk peramalan jangka pendek yakni harian bahkan per jam maka yang paling sesuai menggunakan metode ARIMA. Keamanan energi listrik harian berkaitan erat dengan spinning reserve. Spinning reserve berfungsi untuk mengantisipasi jika ada kenaikan daya dalam waktu singkat. Spinning reserve berkaitan dengan commitment list yang bertugas untuk mengatur pembangkit listrik untuk menyuplai listrik. Tujuan peramalan dan perhitungan spinning reserve untuk kendali perusahaan listrik dan pertimbangan keputusan dalam pengaturan beban yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen listrik. Hasil perhitungan didapatkan model ARIMA pada jam 06.00 yang sesuai adalah ARIMA (0,1,2) dengan konstan. Rata-rata beban listrik harian pada jam 06.00 yakni 192,7 MVA dan besar dan besar nilai spinning reserve minimal adalah 7,708 MVA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/702/051506881
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Oct 2015 10:16
Last Modified: 21 Oct 2021 04:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143840
[thumbnail of Skripsi_fix_print.pdf]
Preview
Text
Skripsi_fix_print.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item