Pengaruh Lebar Pondasi Dan Kemiringan Lereng Terhadap Daya Dukung Tanah Pasir Pada Pemodelan Fisik

Rifqi, MochFachrur (2015) Pengaruh Lebar Pondasi Dan Kemiringan Lereng Terhadap Daya Dukung Tanah Pasir Pada Pemodelan Fisik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan semakin terbatasnya lahan, masyarakat mulai memanfaatkan lereng sebagai alternatif tempat mendirikan bangunan tempat tinggal. Pembangunan di atas lereng tentunya sangat berbahaya, karena sifat lereng yang kurang stabil dapat menimbulkan terjadinya kelongsoran sewaktu-waktu. Kelongsoran tentunya sangat dihindari karena dapat manimbulkan kerugian baik dari segi materiil hingga kehilangan nyawa seseorang.Kejadian seperti ini dapat diantisipasi dengan melakukan upaya-upaya perbaikan pada tanah lereng. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan mengaplikasikan geogrid sebagai bahan perkuatan lereng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi dari lebar pondasi dan kemiringan sudut pada pemodelan fisik lereng tanah pasir yang diperkuat geogrid. Dari 3 variasi sudut dan kemiringan lereng, maka akan didapatkan pola pengaruh pengaplikasian geogrid pada lereng tanah pasir.Pada penelitian ini, lereng dimodelkan dengan timbunan pasir yang dipadatkan dan dibentuk sedemikian rupa pada sebuah kotak fiber glass berukuran 150×100×98 cm. Geogrid yang digunakan merupakan geogrid biaksial. Dalam proses pembuatan lereng di dalam boks, pengisian pasir dilakukan dengan membagi menjadi 7 lapisan dengan tinggi setiap lapisannya 10 cm. Pada setiap lapisannya dilakukan kontrol volume, yaitu mengontrol berat tanah yang dimasukkan dalam satu lapisan. Setelah model selesai dibuat, maka diletakkan pondasi menerus diatasnya dengan jarak dari ujung lereng sebesar 2 kali lebar pondasi dan diberikan beban menggunakan hydraulic jack secara bertahap setiap kelipatan 5kg hingga 3 kali pembacaan penurunan yang sama atau lereng mengalami kelongsoran. Dari penelitian ini, didapatkan bahwa dengan semakin bertambahnya lebar pondasi, semakin besar pula peningkatan beban runtuh dari pondasi tersebut. Selain itu, dengan semakin besarnya kemiringan sudut lereng, maka akan semakin kecil peningkatan beban runtuh yang dapat ditahan oleh pondasi. Dalam percobaan ini, peningkatan beban ultimit yang paling maksimum adalah pada pondasi dengan lebar 4 cm dan kemiringan sudut lereng 46o.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/700/ 051506879
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Nov 2015 09:54
Last Modified: 06 Nov 2015 09:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143838
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item