Pengaruh Konsentrasi Etanol Dan Tekanan Ruang Bakar Terhadap Karakteristik Pembakaran Droplet Minyak Biji Randu

Fadhlillah, HammamHashfi (2015) Pengaruh Konsentrasi Etanol Dan Tekanan Ruang Bakar Terhadap Karakteristik Pembakaran Droplet Minyak Biji Randu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber energi unrenewable yang semakin berkurang mendorong ditemukannya sumber energi renewable yang lebih ramah lingkungan. Minyak nabati dipilih sebagai sumber energi yang renewable karena memiliki kandungan minyak yang cukup besar dalam bijinya dan dapat memanfaatkan limbah dari pemanfaatan serat randu. Namun dalam penggunaannya masih memiliki kendala karena kekentalan yang terlalu tinggi daripada minyak diesel. Selain itu pembakaran banyak dilakukan pada tekanan tinggi agar efisiensi semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi etanol pada campuran minyak biji randu dan tekanan ruang bakar pada karakteristik pembakaran droplet yang berupa nilai temperatur nyala api, burning rate, ignition delay, dan visualisasi nyala api yang berupa pengukuran dimensi api yaitu lebar dan tinggi api. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah pengujian pembakaran droplet yang dilakukan pada ruang bertekanan. Metode penyalaan droplet menggunakan heater dan pengambilan data menggunakan kamera dan thermocouple dan data logger. Variabel bebas penelitian ini adalah konsentrasi etanol 0%, 10%, 20%, 30%, ini dikarenakan pencampuran etanol yang berlebihan tidak akan bercampur sempurna dan membuat komponen mesin lebih mudah berkarat. Serta dengan perbedaan tekanan 1 atm, 2 atm, 3 atm, 4 atm, 5 atm, pemilihan tekanan berdasarkan dari kemampuan alat menahan tekanan dan demi faktor keamanan alat tersebut. Hasil yang didapatkan, semakin tinggi konsentrasi etanol akan menaikkan burning rate dan menurunkan ignition delay serta temperatur dan dimensi api, semakin tinggi tekanan akan menaikan nilai ignition delay minyak biji randu yang dicampur dengan etanol, temperatur api dan burning rate namun menurunkan nilai dimensi api. Dengan semakin meningkatnya burning rate, maka temperatur pembakaran akan semakin tinggi dan dimensi api akan semakin berkurang. Penambahan etanol juga memicu terjadinya microexplosion karena perbedaan titik didih antara 2 minyak.

English Abstract

Short of unrenewable energy is prompt to discover new energy from renewable source which eco-friendly. Vegetable oil was choosen for renewabe energy source because of it have a lot of oil in their seed and it can utilize kapok fiber waste. But in the real case, vegetable oil still have a problem that higher viscosity tha diesel oil. To achieve high thermal efficiency, a lot of combustion process was done on high pressure combustion chamber. This research is to understand ethanol concentration on kapok seed oil blend and pressure on combustion chamber effect on droplet combustion characteristic, that is ignition delay, maximal flame temperature, burning rate and flame visualization, include flame height and width. This research use droplet combustion process at high pressure chamber methode. Heater coil is used to light the droplet and to take a research data is used camera, thermocouple and data logger. Independent variable in this research was 0%, 10%, 20%, 30% ethanol concentration, its because excessive of ethanol blended won’t be blended completely and will rusted engine component. And this research use 1 atm, 2 atm, 3 atm, 4 atm, 5 atm pressure on combustion chamber, because limitation of experimental device and for safety factor of this tools. The result of this research is higher ethanol concentration will raise burning rate constant and reduce ignition delay, flame temperature and dimension, and higher pressure will raise ignition delay, for kapok seed oil that contain certain ammount of ethanol, flame temperature and burning rate but reduce flame dimension. Higher burning rate constan will raise flame temperature and reduce flame dimension. Adding ethanol at kapok seed oil will cause microexplosions because of boiling point difference of two fuel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/686/ 051506865
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Oct 2015 15:29
Last Modified: 23 Oct 2015 15:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143821
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item