Faisal, Muhammad (2015) Evaluasi Perencanaan Saluran Drainase Di Jalan Soekarno Hatta Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banjir merupakan bencana alam yang terjadi akibat kelebihan air yang tidak tertampung oleh jaringan drainase di suatu daerah, sehingga air akan menggenang di permukaan. Salah satu kota yang terkena banjir saat musim hujan tiba adalah kota Malang. Salah satu lokasinya adalah di Jalan Soekarno Hatta. Wilayah Soekarno Hatta sendiri adalah salah satu wilayah yang berkembang pesat. Sehingga banyak lahan yang sebelumnya merupakan lahan terbuka dan sawah menjadi area pemukiman. Selain itu curah hujan yang tinggi juga menyebabkan banjir karena saluran yang ada ( existing ) sudah tidak baik dan tidak dapat mengaliri air sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui kondisi dari saluran drainase yang di sepanjang sisi Barat jalan Soekarno Hatta dan merencanakan saluran yang baru apabila debit yang terjadi melebihi debit yang mampu ditampung saluran existing. Penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi saluran existing untuk mengetahui kondisi dan debit kapasitas saluran yang ada. Setelah itu menghitung debit rancangan dengan kala ulang 5, 10, 25, 50 dan 100 tahun. Untuk mendapatkan debit rancangan perlu dicari daerah tangkapan, koefisien pengaliran dan intensitas curah hujan untuk menghitung debit air hujan yang akan terjadi dengan kala ulang 5, 10, 25, 50 dan 100 tahun. Kemudian debit buangan yang dialirkan ke saluran Soekarno Hatta dan debit limpasan dari jalan raya. Apabila debit rancangan dengan kala ulang 25 tahun sudah melebihi debit kapasitas saluran existing maka direncanakan saluran baru di sepanjang jalan Soekarno Hatta. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil, debit rancangan dengan kala ulang 5 tahun adalah 14,9970 m3/dt , dengan kala ulang 10 tahun adalah 15,9402 m3/dt , dengan kala ulang 25 tahun adalah 17,0139 m3/dt , dengan kala ulang 50 tahun adalah 17,8275 m3/dt dan dengan kala ulang 100 tahun adalah 18,6339 m3/dt. Dari hasil tersebut diketahui debit rancangan dengan kala ulang 25 tahun lebih besar dari debit kapasitas existing. Maka dari itu direncanakan alternatif berupa saluran baru di bawah permukaan tanah sepanjang sisi Barat Soekarno Hatta dengan diameter 3m dan kemiringan saluran 0,001. Untuk mengalirkan kelebihan air pada 4 saluran existing dan permukaan Jl.Soekarno Hatta dibuat saluran sadap dan inlet yang mengalirkan air ke saluran baru melalui bak-bak kontrol.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2015/668/ 051506847 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 23 Oct 2015 09:32 |
Last Modified: | 23 Oct 2015 09:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143801 |
Actions (login required)
View Item |