Analisis Stabilitas Lereng Embung Dengan Menggunakan Kombinasi Dinding Penahan Kantilever Dan Tiang (Pile) Dengan Bantuan Perangkat Lunak

Nugroho, CendanaPutri (2015) Analisis Stabilitas Lereng Embung Dengan Menggunakan Kombinasi Dinding Penahan Kantilever Dan Tiang (Pile) Dengan Bantuan Perangkat Lunak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Embung atau cekungan penampang merupakan suatu cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta meningkatkan kualitas air. Embung di sebuah kota Di Jawa Timur dibangun di lahan milik Pemerintah Kota seluas 2 hektar dengan daya tampung 150.000 meter kubik dengan tujuan untuk mengatisipasi banjir di wilayah tersebut. Embung terdiri dari struktur dinding penahan kantilever dibagian paling bawah, bronjong dibagian tengah dan paling atas adalah pasangan batu kali. Saat pelaksanaan sedang berlangsung, dinding penahan pada embung mengalami longsor. Awal mula kelongsoran hanya terjadi di satu sisi, namun kemudian longsoran dinding penahan terjadi di seluruh sisi embung. Melalui data yang diperoleh, struktur dinding penahan tanah perlu dilakukan analisis dan perhitungan ulang pada embung dengan menggunakan perkuatan dengan bantuan perangkat lunak SLOPE/W dan Geo5, sehingga struktur dinding penahan tersebut dapat meminimalisir terjadinya kelongsoran pada embung akibat kegagalan struktur dinding penahan. Dari hasil analisis, diketahui bahwa kelongsoran yang terjadi pada dinding penahan tanah disebabkan karena tidak adanya perkuatan pada dinding penahan tanah, serta beban berlebih yang diberikan oleh pasangan batu kali dan bronjong pada dinding penahan kantilever, dengan angka keamanan guling sebelum perkuatan 1,38 ,geser 0,42, daya dukung 0,42, dengan analisis Geo5 dan lereng 0,451 dengan analisis SLOPE/W. Perkuatan yang digunakan dengan menggunakan pile diameter 35 cm, jarak antar pile yaitu 105 cm (3d), panjang pile 3,3 m serta menghilangkan beban bronjong yang ditumpukan pada dinding penahan kantilever. Dari hasil analisis menggunakan Geo5, didapatkan angka keamanan guling 9,02, geser 2,61, daya dukung 5,68 dan lereng 1,55. Sehingga desain perkuatan tersebut mampu menahan kelongsoran yang terjadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/665/ 051506844
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Oct 2015 09:08
Last Modified: 23 Oct 2015 09:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143798
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item