Perangkat Lunak Audit sebagai Alat Bantu Sistem Pendukung Keputusan untuk Upaya Konservasi Energi,

Safti, IndahPermataSari (2015) Perangkat Lunak Audit sebagai Alat Bantu Sistem Pendukung Keputusan untuk Upaya Konservasi Energi,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Audit energi merupakan salah satu upaya untuk melihat peluang penghematan energi. Dari kegiatan audit energi, alangkah baiknya dilakukan konservasi energi untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatannya. Akan tetapi analisis penggunaan energi listrik tidak selalu mudah dilakukan sehingga perlu dikembangkan aplikasi atau perangkat lunak audit energi listrik untuk gedung sebagai alat bantu sistem pendukung keputusan untuk upaya konservasi energi. Perangkat lunak audit energi listrik ini dirancang untuk dapat melihat peluang penghematan energi pada objek audit dan dapat memanfaatkan perangkat lunak audit sebagai alat bantu sistem pendukung keputusan dalam menetukan prioritas penghematan energi. Perancangan dibuat dengan menggunakan Microsoft Visual C++ yang membaca file jenis dokumen teks dan dapat digunakan secara offline. Hasil konsumsi energi di Perpustakaan Umum Kota Malang diperoleh nilai IKE3 sebesar 4,1241 kWh/m2/bulan dengan kategori sangat tidak efisien dan IKE4 sebesar 12,2053 kWh/m2/bulan dengan kategori cukup efisien sehingga terdapat peluang penghematan dan sistem pendukung keputusan akan melanjutkan proses perhitungan selanjutnya, maka perangkat lunak audit energi dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi peluang penghematan energi pada objek audit. Hasil membuktikan bahwa perangkat lunak dalam prioritas penghematan energi memberi keputusan untuk menganalisis sistem tata udara terlebih dahulu sebagai pengguna energi listrik terbanyak. Hasil rekomendasi menghasilkan total penghematan energi listrik sebesar 46431,54 kWh/tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/66/051500660
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Feb 2015 15:51
Last Modified: 21 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143792
[thumbnail of Makalah_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Makalah_Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item