Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Rumah M-Panel Dengan Rumah Konvensional Proyek Pembangunan Rumah Tipe 60/99 Pondok Permata Suci Gresik

Atsaruddin, AchmadTharis (2015) Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Rumah M-Panel Dengan Rumah Konvensional Proyek Pembangunan Rumah Tipe 60/99 Pondok Permata Suci Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada umumnya rumah konvensional masih menggunakan material bata merah pada dinding, dan material beton pada kolom, balok, dan plat kantilever. Seiring berkembangnya teknologi konstruksi, maka ditemukanlah inovasi rekayasa material konvensional menggunakan material M-Panel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan rencana anggaran biaya rumah tipe 60/99 yang menggunakan material M-Panel dengan material konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode analisis deskriptif dengan jenis job analisis yaitu penelitian yang bukan bersifat eksperimen. Data yang diperlukan berupa gambar kerja, RAB rumah tipe 60/99, data M-Panel, dan data penunjang lainya. Dari data tersebut diolah untuk mengetahui RAB dan standar yang digunakan pada rumah M-Panel dan rumah konvensional. Sehingga dapat diketahui perbandingan biaya dari rumah konvensional dan rumah M-Panel. Standar yang digunakan pada rumah konvensional yaitu gabungan antara SNI dan analisa dari proyek. Khusus untuk material dinding M-Panel menggunakan standar M-Panel. Pada pekerjaan pondasi dan keramik material M-Panel membutuhkan biaya lebih rendah. Namun untuk pekerjaan lainya rumah M-Panel membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya rumah konvensional adalah sebesar Rp. 122.141.934,81, sedangkan biaya rumah M-Panel adalah sebesar Rp. 152.863.248,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rumah M-Panel membutuhkan biaya yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan rumah konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/656/ 051506835
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:39
Last Modified: 27 Oct 2015 08:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143788
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item