Sistem Pengendalian Suhu Komposter Limbah Padat Tempe Dan Biotama-3 Menggunakan Kontroler Pid Berbasis Arduino Mega

Destriwanta, Fajar (2015) Sistem Pengendalian Suhu Komposter Limbah Padat Tempe Dan Biotama-3 Menggunakan Kontroler Pid Berbasis Arduino Mega. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Limbah padat tempe berupa kulit kedelai digunakan sebagai pakan ternak dan sisanya banyak yang terbuang, hal ini dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di lingkungan sekitar. Saat ini banyak terdapat teknologi pengomposan untuk mempercepat terbentuknya kompos. Pada penelitian ini menggunakan limbah padat tempe dan Biotama-3 sebanyak 6% dengan kondisi termofilik yaitu 65°C. Metode kontrol yang digunakan untuk pengendalian ini ialah kontrol PID menggunakan Arduino Mega. Salah satu keuntungan kontrol PID adalah sebuah sistem yang sederhana sehingga lebih cepat dalam mengambil keputusan. Pada skripsi ini digunakan metode hand tunning sebagai penentu parameter PID. Dalam pembuatan penelitian ini menggunakan sensor suhu PT100, Arduino Mega, Motor DC Servo. Hasil pengujian kontroler PID dengan menggunakan parameter yang didapatkan dari metode hand tunning, sistem pengendalian suhu komposter ini berhasil dalam menjaga kestabilan suhu dengan settling time sebesar 683 detik dan error steady state sebesar 0,54%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/647/ 051506826
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Oct 2015 14:57
Last Modified: 20 Mar 2020 05:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143776
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item