Perancangan Charge Controller Untuk Bicycle Power Generator Pada Instalasi Listrik DC House

Aliffianto, LutfirRahman (2015) Perancangan Charge Controller Untuk Bicycle Power Generator Pada Instalasi Listrik DC House. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Energi manusia merupakan energi terbarukan yang cukup melimpah persediaannya, sehingga dapat dimanfaatkan khususnya pada instalasi listrik DC House. Dalam memanfaatkan energi listrik dibutuhkan bicycle power generator yang dapat mengubah energi manusia menjadi energi listrik dan baterai sebagai media penyimpan energi tersebut. Namun, energi manusia yang berasal dari kayuhan sepeda itu selalu berubah-ubah sehingga dapat menyebabkan baterai cepat rusak. Karena arus dan tegangan yang masuk ke baterai tidak konstan.Untuk itu penulis merancang dan membuat charge controller agar tegangan dan arus yang masuk ke baterai relatif konstan. Dalam perancangan charge controller, menggunakan topologi Buck Converter yang dapat mengatur arus medan ( If ) yang masuk ke alternator sehingga tegangan keluaran alternator menjadi konstan. Arus dari sumber akan mengalir menuju rangkaian Buck Converter. Pengaturan arus medan ( If ) di dalam Buck Converter menggunakan mikrokontroler dengan cara mengubah duty cycle. Pada saat putaran alternator tinggi, diatur dengan menurunkan nilai arus medan ( If ) dan saat putaran alternator rendah, diatur dengan menaikkan kembali nilai arus medan ( If ). Sehinnga tegangan keluaran alternator akan tetap konstan walaupun dihasilkan dari putaran yang berubah-ubah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/632/051506811
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Oct 2015 08:12
Last Modified: 21 Oct 2021 04:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143760
[thumbnail of Skripsi_Lutfir_Rahman_A_0810633060.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Lutfir_Rahman_A_0810633060.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item