Studi Potensi Jumlah Penumpang Bus Pemadu Moda Rute Malang – Bandar Udara Juanda Pp

TashaMP, Anindya (2015) Studi Potensi Jumlah Penumpang Bus Pemadu Moda Rute Malang – Bandar Udara Juanda Pp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang memiliki perkembangan pendidikan dan pariwisata yang cukup pesat. Sehingga banyak pergerakan menuju dan keluar Malang. Bandar Udara Malang yang belum melayani banyak tujuan penerbangan membuat pengguna moda pesawat memilih Bandar Udara Juanda. Disisi lain angkutan yang melayani rute Malang-Juanda PP hanya angkutan travel. Untuk itu dibutuhkan moda lain yang lebih ekonomis dan memiliki kapasitas lebih banyak dibandingkan angkutan travel. Bus pemadu moda adalah moda alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner karakteristik sosial-ekonomi, karakteristik perjalanan serta kuisioner dengan teknik penyusunan stated preference. Stated preference memiliki atribut biaya perjalanan, waktu tempuh dan frekuensi keberangkatan. Sedangkan untuk prediksi tarif bus pemadu moda yang direncanakan diperoleh dari perhitungan BOK. Tarif yang telah diperoleh dari perhitungan BOK dibandingkan dengan nilai ATP dan WTP yang diperoleh dari kuisioner yang telah disebarkan. Sehingga didapatkan tarif ideal yang akan diberlakukan apabila bus pemadu moda tersebut direalisasikan. Dari hasil studi dapat diketahui bahwa karakteristik sosial-ekonomi antara rute Malang-Juanda dengan Juanda-Malang tidak memiliki banyak perbedaan. Begitu juga dengan karakteristik perjalanan kedua rute tersebut. Setelah melakukan perhitungan tarif berdasarkan BOK diperoleh tarif sebesar Rp 23.374,- serta berdasarkan ATP dan WTP diperoleh tarif sebesar Rp 43.675,-. Dengan demikian perkiraan awal tarif bus pemadu moda sebesar Rp 40.000,- dapat diberlakukan. Hasil dari pemodelan pemilihan moda dengan metode stated preference adalah sebagai berikut: 1. Selisih Biaya Perjalanan a. Rute Malang-Juanda : b. Rute Juanda-Malang : 2. Selisih Waktu Tempuh Perjalanan ( ) a. Rute Malang-Juanda : b. Rute Juanda-Malang : 3. Selisih Frekuensi Keberangkatan ( ) a. Rute Malang-Juanda : b. Rute Juanda-Malang : Potensi perpindahan pengguna travel ke bus pemadu moda rute Malang-Juanda sebanyak 705 orang per hari. Sedangkan untuk rute Juanda-Malang sebanyak 1516 orang per hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/598/051506098
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Sep 2015 10:45
Last Modified: 11 Sep 2015 10:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143716
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item