Kajian Kinerja Operasional Bus Antar Kota Antar Provinsi (Akap) Kelas Eksekutif Trayek Malang – Jakarta.

Sahara, Ahmad (2015) Kajian Kinerja Operasional Bus Antar Kota Antar Provinsi (Akap) Kelas Eksekutif Trayek Malang – Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bus AKAP (Angkutan Kota Antar Propinsi) yang melayani trayek Malang-Jakarta mengalami penurunan jumlah peminat. Hal ini dapat dilihat dari kondisi setiap harinya hanya mengangkut penumpang kurang dari setengah kapasitas pada setiap keberangkatan. Padahal jika dilihat potensi penumpang dari wilayah Malang menuju Jakarta cukup banyak, seperti terlihat salah satunya yaitu pelajar dari Jakarta yang sedang menempuh pendidikan di Malang dan juga sebaliknya. Turunnya minat penumpang ini diperkirakan karena pelayanan bus yang kurang memuaskan dan juga harga tarif yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan moda lain yaitu kereta api. Sehingga disini perlu dilakukan analisis kinerja dan analisis tarif berdasarkan kemampuan dan kemauan masyarakat pada bus AKAP trayek Malang–Jakarta. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja secara keseluruhan bus AKAP trayek Malang-Jakarta, mengetahui atribut pelayanan apa saja yang perlu ditingkatkan serta mengetahui keseuaian tarif berdasarkan kemampuan membayar dan kemauan membayar dari masyarakat pengguna bus. Analisis kinerja pada Kajian ini menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan untuk analisis tarif menggunakan metode Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP). Kajian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara kuesioner pada responden. Responden dalam Kajian berjumlah 160 responden dan berasal dari penumpang bus AKAP trayek Malang-Jakarta yang sedang menunggu keberangkatan di ruang tunggu terminal arjosari Malang. Kajian ini dilakukan pada bulan juni 2015. Berdasarkan analisis kinerja dengan menggunakan metode IPA yang telah dilakukan didapatkan nilai kesesuian rata-rata sebesar 84,55%, hal ini menunjukan bahwa secara keseluruhan kinerja bus AKAP trayek Malang-Jakarta sangat memuaskan. Dari hasil analisis juga ada 5 atribut pelayanan yang menjadi prioritas utama dan harus ditingkatkan pelayanannya yaitu pengadaan alat pemadam api ringan, pengadaan sabuk keselamatan, ketepatan jadwal, kemudahan akses menuju terminal dan fasilitas kesetaraan untuk orang tua, ibu hamil dan penyandang disabilitas. Berdasarkan analisis tarif berdasarkan ATP, didapat korelasi antara pendapatan dan ATP dengan persamaan regresi Y=0,0089X+131669 dengan r kuadrat sebesar 0,4776. Dari persamaan regresi tersebut diperoleh nilai tarif berdasasarkan kemampuan membayar (ATP) sebesar Rp 184.187. Sementara itu berdasarkan analisis WTP diperoleh nilai tarif berdasarkan kemauan membayar (WTP) sebesar Rp 289.219. Karena nilai ATP lebih kecil dari WTP maka pengguna bus tergolong captive riders, artinya pengguna bus mempunyai penghasilan relatif rendah tetapi utilitas terhadap jasa tersebut sangat tinggi. Utilitas yang tinggi tersebut dikarenakan banyak pengguna yang membutuhkan angkutan bus terutama ketika kehabisan tiket moda lain. Kemudian dianalisis dan didapatkan nilai tarif berdasarkan keduanya yaitu ATP dan WTP sebesar Rp 278.000. Nilai tarif yang diperoleh ini nilainya sedikit lebih kecil dari tarif yang berlaku saat ini yaitu sebesar RP 300.000. Berdasarkan analisis tarif dengan ATP dan WTP serta analisis kinerja berdasarkan metode IPA maka didapatkan strategi untuk meningkatkan kinerja dan menarik minat masyarakat yaitu dengan penyesuaian tarif sesuai nilai ATP dan WTP yaitu sebesar Rp 278.000 dan meningkatkan beberapa atribut pelayanan seperti meningkatkan ketepatan jadwal bus, menyediakan jasa penjemputan penumpang menuju terminal, menyediakan fasilitas keamanan seperti sabuk keselamatan dan alat pemadam api ringan dan memperbaiki fasilitas kesetaraan untuk orang tua, ibu hamil dan penyandang disabilitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/594/051506094
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Sep 2015 12:08
Last Modified: 10 Sep 2015 12:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143711
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item