Studi Kebutuhan Taksi Di Kota Malang Dengan Teknik Stated Preference

Farisky, LaluMGian (2015) Studi Kebutuhan Taksi Di Kota Malang Dengan Teknik Stated Preference. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur dengan ketersediaan angkutan umum yang tidak terlepas dari karakteristik sosial-ekonomi masyarakatnya. Taksi yang merupakan salah satu dari fasilitas angkutan umum, mempunyai pangsa pasar yang berbeda dari angkutan umum lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan studi agar jumlah ketersediaannya tidak terjadi kelebihan ataupun kekurangan. Studi ini bertujuan untuk karakteristik sosial - ekonomi dan perjalanalan pengguna taksi, mengetahui titik lokasi yang tepat digunakan sebagai tempat tunggu taksi dan untuk mengetahui tingkat kebutuhan (demand rate) taksi Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner karakteristik sosial-ekonomi, karakteristik perjalanan dan kuesioner yang disusun dengan menggunakan teknik stated preference dengan atribut pendapatan, biaya perjalanan, waktu tempuh perjalanan, dan pelayanan. Responden yang dibutuhkan sebanyak 110 responden. Pengumpulan data juga dilakukan dengan kuesioner dari beberapa instansi, yaitu Perusahaan Taksi di Kota, Dinas Perhubungan Kota Malang. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah Analisa kategori - Orang, dan perhitungan dengan cara Multiple Classification Analysis (MCA). Model tingkat pergerakan yang dikembangkan diuji secara statistik sehingga diperoleh model terbaik. Studi ini juga mencoba memperoleh gambaran potensi penggunaan taksi pada beberapa kondisi hipotesis, hal ini dilakukan dengan disain eksperimen Stated Preference, yang dianalisis dengan pendekatan multi regresi. Model pemilihan moda taksi yang diperoleh diuji secara statistik dan parameter model diperiksa dengan kriteria kemasuk-akalan. Dari hasil survei diketahui mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki (56%), usia responden usia 20-40 tahun (72%), ukuran rumah tangga lima orang (35%), jenis pekerjaan swasta (37%), pendidikan terakhir Universitas (60%), pendapatan per bulan responden >Rp 5.000.000 (47%), biaya transportasi per bulan responden didominasi Rp 200.000 – Rp 300.000 (24%), jumlah kendaraan pribadi didominasi dengan kepemilikan satu kendaraan (48%). Berdasarkan asal dan tujuan perjalananan didominasi Lowokwaru (35%) dan Kabupaten Malang (25%), maksud perjalanan tujuan stasiun/terminal/bandara (35%), waktu perjalanan pagi hari (38%), lama perjalanan dengan waktu tempuh 20 – 40 menit (51%), biaya perjalanan Rp 30.000 – Rp 40.000 (23%), jumlah penumpang saat perjalanan satu orang (36%), perjalanan perminggu tiga kali (35%), lebih aman taksi (66%), responden merasa nyaman (76%), kondisi AC saat perjalanan langsung aktif (78%), metode pembayaran sesuai argometer (63%). Berdasarkan hasil survei tingkat perjalanan asal – tujuan beberapa titik lokasi tunggu taksi ditambahakan sebagai rekomendasi seperti daerah yang paling banyak menggunakan layanan taksi adalah Lowokwaru disebabkan banyaknya perumahan elite, universitas, dan hotel. Dari hasil analisis penelitian terjadi bangkitan pergerakan mulai dari 0,30 – 7,06 kali/minggu, kebutuhan taksi berdasarkan ukuran rumah tangga dan kepemilikan kendaraan pribadi sebesar 428 kendaraan, sedangkan kebutuhan taksi bedasarkan ukuran rumah tangga dan besar pendapatan 401 kendaraan. Pada analisis Stated Preference elastisitas probabiltas pemilihan taksi relatif lebih sensitif terhadap perubahan biaya, dibanding perubahan pendapatan, waktu tempuh perjalanan, ataupun perubahan tingkat pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/535/051506035
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Sep 2015 11:25
Last Modified: 09 Sep 2015 11:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143645
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item