Studi Penatagunaan Potensi Air di Wilayah Sub DAS Brantas Hulu.

Hardifah, MirnaOktavian (2015) Studi Penatagunaan Potensi Air di Wilayah Sub DAS Brantas Hulu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada studi ini akan dibahas tentang penatagunaan potensi air di Sub DAS Brantas Hulu, khususnya Wilayah Kabupaten Malang. Saat ini, ketersediaan air yang ada di wilayah studi digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan antara lain domestik, non domestik, industri, peternakan, perikanan, irigasi dan pemeliharaan sungai. Dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan dan penggunaan air di masa mendatang, maka diperlukan adanya studi tentang penatagunaan potensi air di Sub DAS Brantas Hulu Wilayah Kabupaten Malang. Pemanfaatan sumber daya air di Sub DAS Brantas Hulu Wilayah Kabupaten Malang ini paling banyak dimanfaatkan untuk pertanian/ irigasi. Oleh karena itu, dilakukan suatu analisa dengan membuat tiga alternatif masa tanam. Alternatif I yaitu dengan awal masa tanam bulan November periode I, Alternatif II dengan awal masa tanam bulan Desember periode I dan Alternatif III dengan awal masa tanam bulan Januari periode I. Masing-masing kebutuhan dihitung dengan menggunakan metode LPR-FPR. Dengan membuat tiga alternatif tersebut akan diperoleh satu alternatif terbaik yang memiliki kebutuhan air irigasi paling minimum, sehingga terdapat kelebihan debit ketersediaan yang lebih besar. Kelebihan debit tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan air di sektor lain dan sebagai tambahan inflow di Waduk Sengguruh bersamaan dengan debit dari Sungai Lesti. Setelah dilakukan analisa dari tiga alternatif, dipilih alternatif III dengan awal masa tanam bulan Januari periode I sebagai alternatif terbaik dengan kebutuhan air irigasi terkecil yaitu sebesar 773,677 juta m3/tahun, kebutuhan air domestik sebesar 31,729 juta m3/tahun, kebutuhan air non domestik sebesar 7,932 juta m3/tahun, kebutuhan air industri sebesar 2,486 juta m3/tahun, kebutuhan air untuk peternakan sebesar 1,744 juta m3/tahun, kebutuhan air perikanan sebesar 8,588 juta m3/tahun dan kebutuhan air untuk pemeliharaan (riparian) sungai sebesar 7,776 juta m3/tahun. Dengan ketersediaan air sebesar 1184,934 juta m3/tahun dari debit Sungai Brantas Hulu, diperoleh sisa debit ketersediaan sebesar 351,002 juta m3/tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/505/051506005
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Sep 2015 11:14
Last Modified: 23 Oct 2021 10:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143612
[thumbnail of 6_BAB_II_MIRNA.pdf]
Preview
Text
6_BAB_II_MIRNA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7_BAB_III_MIRNA.pdf]
Preview
Text
7_BAB_III_MIRNA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8_BAB_IV_MIRNA.pdf]
Preview
Text
8_BAB_IV_MIRNA.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 9_BAB_V_MIRNA.pdf]
Preview
Text
9_BAB_V_MIRNA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1_COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
1_COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_BAB_I_MIRNA.pdf]
Preview
Text
5_BAB_I_MIRNA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item