Analisis Aspek Bauran Pemasaran dan Lingkungan Bisnis Dengan Menerapkan Analisis Multivariat

Rosalin, AnnisaDita (2015) Analisis Aspek Bauran Pemasaran dan Lingkungan Bisnis Dengan Menerapkan Analisis Multivariat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Brosem Agro Industri merupakan salah satu produsen sari apel di kota Batu. Selain memproduksi sari apel, agro industri yang berdiri sejak tahun 2004 ini juga memproduksi jenang apel. Banyak masalah yang dialami Brosem Agro Industri, salah satunya adalah penurunan volume penjualan yang sering terjadi. Penurunan volume penjualan dipengaruhi oleh banyak aspek. Baik aspek di dalam maupun di luar perusahaan. Aspek yang dapat diperhatikan dan dianalisis adalah strategi bauran pemasaran yang diterapkan Brosem Agro Industri dan kondisi lingkungan bisnis pada Brosem Agro Industri. Hal tersebut dikarenakan lingkungan bisnis perusahaan dapat memberikan pengaruh pada bauran pemasaran. Sedangkan strategi bauran pemasaran tersebut dapat memberikan pengaruh pada peningkatan volume penjualan produk. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis multivariat SEM (Structural Equation Modelling) untuk menganalisis strategi bauran pemasaran dan PLS (Partial Least Square) untuk menganalisis kondisi lingkungan bisnis. Perbedaaan metode dikarenakan perbedaan jumlah responden pada kedua variabel tersebut. Untuk variabel bauran pemasaran, yang menjadi responden adalah konsumen dengan jumlah sampel 100 orang. Sedangkan untuk variabel lingkungan bisnis, responden yang mengisi kuesioner adalah karyawan Brosem Agro Industri yang berjumlah 25 orang. Hasil dari analisis SEM menunjukkan bahwa aspek yang berpengaruh positif pada bauran pemasaran adalah aspek proses dan aspek karyawan. Sedangkan hasil dari analisis PLS menunjukkan bahwa seluruh aspek dalam lingkungan bisnis berpengaruh positif terhadap lingkungan bisnis Brosem Agro Industri. Aspek-aspek yang berpengaruh positif tersebut apabila ditingkatkan akan dapat meningkatkan kondisi lingkungan bisnis dan bauran pemasaran. Apabila kedua variabel tersebut ditingkatkan dengan optimal maka akan sangat dimungkinkan untuk dapat meningkatkan volume penjualan sari apel Brosem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/415/051505915
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Sep 2015 09:47
Last Modified: 23 Oct 2021 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143512
[thumbnail of skripsi_full_version.pdf]
Preview
Text
skripsi_full_version.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item