Rancang Bangun Sistem Pengendalian Putaran Dua Kuadran Motor Arus Searah Magnet Permanen Menggunakan DC Chopper,

Pratama, Harfin (2015) Rancang Bangun Sistem Pengendalian Putaran Dua Kuadran Motor Arus Searah Magnet Permanen Menggunakan DC Chopper,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi yang sangat cepat membuat teknologi elektronika daya semakin berkembang, seperti munculnya dc chopper dan inverter. Dengan berkembangnya elektronika daya, muncullah teknologi-teknologi pengendalian yang murni menggunakan elektronika daya. Pengendalian motor listrik secara mekanik mulai ditinggalkan sejalan dengan kemajuan elektronika daya ini. Hal ini ditandai dengan meningkatnya penggunaan pengereman elektrik dibandingkan pengereman mekanik untuk pengereman motor listrik. Salah satu jenis pengereman elektrik tersebut adalah pengereman regeneratif. Pengereman regeneratif dapat menghemat 8%-25% daya yang digunakan untuk pengereman. Tujuan dari operasi multi kuadran pada pengendalian motor listrik adalah untuk meningkatkan efisiensi energi listrik. Salah satu operasi multi kuadran tersebut adalah operasi dua kuadran. Operasi dua kuadran adalah mode operasi motor listrik pada saat motoring dan braking yang diaplikasikan menggunakan komponen listrik. Hasil yang diinginkan dari penelitian ini adalah terciptanya suatu alat dalam pengendalian dua kuadran untuk motor dc magnet permanen dengan menggunakan dc chopper. DC chopper yang digunakan pada penelitian ini adalah buck converter dan boost converter. Pada saat motor mode motoring, dc chopper yang digunakan adalah buck converter. Pada saat motor mode braking, dc chopper yang digunakan adalah boost converter. Dengan meningkatnya duty cycle pada saat mode motoring, maka putaran pun akan meningkat. Pada mode braking, digunakan pengereman regeneratif dengan prinsip pengecasan baterai yang digunakan adalah constant voltage dan sensor yang digunakan adalah sensor tegangan berupa pembagi tegangan. Pada penelitian ini akan dicari karakteristik pengaruh perubahan duty cycle pada putaran motor ketika mode motoring dan juga daya yang dihasilkan pada pengereman regeneratif. Daya regeneratif tidak dapat konstan dengan menggunakan skema ini, sebaliknya daya regeratif meningkat dengan meningkatnya putaran sebelum pengereman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/372/051504823
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Aug 2015 15:41
Last Modified: 23 Oct 2021 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143459
[thumbnail of SKRIPSI_-_HARFIN_PRATAMA_-_115060301111006.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_HARFIN_PRATAMA_-_115060301111006.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item