Studi Evaluasi Kualitas Air Waduk Selorejo Akibat Erupsi Gunung Kelud Untuk Budidaya Perikanan Air Tawar

Sonia, Fauzia (2015) Studi Evaluasi Kualitas Air Waduk Selorejo Akibat Erupsi Gunung Kelud Untuk Budidaya Perikanan Air Tawar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Waduk Selorejo yang terletak di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, berfungsi sebagai penampung air dan lokasi budidaya perikanan air tawar. Pada tanggal 13 Februari 2014, peristiwa erupsi Gunung Kelud menghasilkan abu vulkanik yang jatuh ke dalam waduk sehingga mengakibatkan perubahan keseimbangan kualitas air. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan data pengukuran kualitas air (suhu, kekeruhan, oksigen terlarut, pH, Ammonia, Nitrit, Nitrat, Total-P, Cu, Zn, Pb, Cr, dan Silika) di stasiun hulu dan tengah waduk pada pra dan pasca erupsi, dengan nilai standar kualitas air untuk perikanan air tawar. Serta menentukan; (a) waktu pemulihan kualitas air waduk pasca erupsi, (b) status mutu air Waduk Selorejo, dan (c) parameter penyumbang pencemaran terbesar. Hasil perbandingan pra erupsi menunjukkan 40% data kualitas air di stasiun hulu dan 28% data kualitas air di stasiun tengah tidak memenuhi standar kualitas air. Pasca erupsi, 31% data kualitas air di stasiun hulu dan 36% data kualitas air di stasiun tengah tidak memenuhi standar kualitas air. Waktu pemulihan untuk parameter pH dan nitrat adalah selama 111 hari; untuk parameter DO, selama 71 hari; untuk parameter kekeruhan, selama 54 hari. Parameter total-P dan silika belum kembali normal hingga akhir periode observasi. Status mutu air di kedua stasiun adalah “Tercemar Ringan” saat sebelum maupun sesudah erupsi. Parameter penyumbang pencemaran terbesar pada stasiun hulu adalah total-P dan nitrat. Pada stasiun tengah, parameter pencemar terbesar adalah total-P, silika, dan nitrat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/35/051500618
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 Feb 2015 09:33
Last Modified: 23 Dec 2021 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143427
[thumbnail of 4._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
4._BAB_IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_V.pdf]
Preview
Text
5._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._BAB_I.pdf]
Preview
Text
1._BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._BAB_II.pdf]
Preview
Text
2._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_III.pdf]
Preview
Text
3._BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item