Analisis Key Buying Factors Produk Karkas Ayam dengan Analytic Hierarchy Process (AHP),

Furqandari, Nurlaily (2015) Analisis Key Buying Factors Produk Karkas Ayam dengan Analytic Hierarchy Process (AHP),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Phalosari Unggul Jaya (PT. PUJ) merupakan salah satu perusahaan rumah potong ayam. Perusahaan rumah potong ayam harus berkelanjutan meningkatkan keunggulan kompetitifnya menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat. Dasar paling utama dalam membangun keunggulan kompetitif adalah dengan memahami faktor apa saja yang membuat konsumen membeli sebuah produk di tempat tertentu atau yang disebut dengan key buying factors. Faktor-faktor kunci pembelian (key buying factors, KBF) menjadi landasan perusahaan dalam menentukan strategi pemasarannya. Terdapat banyak pesaing di industri pemotongan ayam. Tercatat ada 144 industri pemotongan ayam atau rumah potong ayam, yang tercatat halal di MUI yang tersebar di wilayah Indonesia. Banyaknya industri pemotongan ayam saat ini membuat PT. PUJ harus bekerja lebih keras untuk lebih mengenal key buying factors dari pasar dan berkelanjutan meningkatkan keunggulan kompetitifnya agar produk karkas ayamnya paling diminati oleh pasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Analytic Hierarchy Process (AHP). Pengumpulan data primer dengan menggunakan tiga kuesioner yang diberikan kepada 25 responden. Kuesioner I untuk memperoleh tingkat kepentingan buying factors, kuesioner II untuk memperoleh perbandingan tingkat kepentingan tiap faktor dan atribut, dan kuesioner III untuk memperoleh perbandingan nilai tiap alternatif pada masing-masing atribut. Nilai pada kuesioner I dihitung rata-rata aritmatiknya, apabila rata-ratanya ≥ 4 maka atribut tersebut dianggap penting sebagai buying factors. Nilai pada kuesioner II dan III dihitung rata-rata geometriknya, kemudian membuat matriks perbandingan berpasangan (pairwise comparison) untuk penentuan prioritas lokal guna mendapatkan KBF, dan penentuan prioritas global guna mendapatkan pesaing terbaik. Berdasarkan kuesioner I, seluruh atribut mendapatkan nilai rata-rata aritmatik ≥ 4 yang artinya diperoleh 22 buying factors produk karkas ayam. Berdasarkan kuesioner II, diperoleh prioritas lokal untuk menentukan KBF yang dipilih sebanyak 50% atribut dari masing-masing faktor. Terdapat 11 KBF yang terdiri dari: harga yang murah, harga sesuai kualitas, penyelesaian masalah, jaminan Halal, ketanggapan terhadap keluhan, kebersihan karkas, adanya sertifikasi uji dari laboratorium, ketersediaan stok, adanya salesman untuk promosi, dan kelengkapan informasi. Dari kuesioner III, diperoleh hasil bahwa berdasarkan penilaian seluruh buying factors, PT. PUJ menduduki posisi tiga (0,24623) dengan pesaing terbaik PT. Ciomas Adi Satwa (0,26180). Sedangkan berdasarkan KBF, PT. PUJ berada di posisi dua (0,24703) dengan pesaing terbaik PT. Ciomas Adi Satwa (0,26301).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/331/05150426
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Aug 2015 15:20
Last Modified: 22 Oct 2021 22:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143406
[thumbnail of Skripsi_Nurlaily_Furqandari_-_115060700111041.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Nurlaily_Furqandari_-_115060700111041.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item