Studi Peencanaan Teknis Irigasi Tambak di Dusun Kepetingan Kabupaten Sidoarjo

Hermawan, OksaEga (2015) Studi Peencanaan Teknis Irigasi Tambak di Dusun Kepetingan Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bandeng dan udang adalah jenis konsumsi yang tidak asing bagi masyarakat. Bandeng dan udang merupakan hasil tambak, dimana budidaya hewan ini mula-mula merupakan pekerjaan sampingan bagi nelayan yang tidak dapat pergi melaut. Itulah sebabnya secara tradisional tambak terletak di tepi pantai. Sampai saat ini sebagian besar budidaya bandeng dan udang masih dikelola dengan teknologi yang relatif sederhana dengan tingkat produktivitas yang relatif rendah. Jika dikelola dengan sistim yang lebih intensif produktivitas bandeng dan udang dapat ditingkatkan. Potensi tambak merupakan salah satu potensi unggulan di sektor perikanan dan kelautan Kabupaten Sidoarjo. Wilayah tambak terluas terdapat di Kecamatan Jabon, Sedati dan Sidoarjo. Dilihat perkembangan sejak tahun 1998, luas baku tambak di Kabupaten Sidoarjo tidak mengalami perubahan hingga tahun 2000. Pada periode berikutnya, yakni tahun 2001 mengalami penyusutan sebesar 9,30 ha. Penyusutan tersebut terjadi sebagai akibat dari perluasan Bandara Juanda. Meski demikian kondisi tersebut relatif stabil hingga tahun 2011 ini. Salah satu daerah yang berpotensi untuk dikembangkannya usaha tambak adalah Dusun Kepetingan. Dengan Luas daerah sekitar 51,75 Ha, serta kondisi tambak yang masi tergolong tambak sederhana sehingga hasil panen tambak kurang optimal dan juga masih terdapat beberapa masalah lain yang mengakibatkan hasil tambak kurang maksimal antara lain : 1. Bentuk kolam tambak yang masih tidak beraturan. 2. Umumnya jaringan irigasi tambak yang diterapkan adalah jaringan irigasi tambak sederhana. Hasil yang diperoleh dari studi akhir ini berupa pola operasi pintu pada tiap petakan tambak. Kebutuhan air irigasi di tambak sebesar 0,278 m3/dt/ha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/329/051504324
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Aug 2015 14:39
Last Modified: 22 Oct 2021 22:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143403
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar-Daftar_Isi-Daftar_Pustaka_oksa.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar-Daftar_Isi-Daftar_Pustaka_oksa.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_1,2,3,4,5.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_1,2,3,4,5.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item