Studi Alternatif Jalan Akses Ke Pelabuhan Teluk Lamong Surabaya,

MAfilaTD (2015) Studi Alternatif Jalan Akses Ke Pelabuhan Teluk Lamong Surabaya,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan Teluk Lamong , Merupakan Salah Satu Pelabuhan Besar Di Indonesia. Seiring Dengan Berjalannya Waktu, Perkembangan Pelabuhan Semakin Pesat. Hal Ini Ditandai Dengan Peningkatan Jumlah Lalu Lintas Menuju Teluk Lamong. Oleh Karena Itu Perlu Dilakukan Pembuatan Jalan Menuju Teluk Lamong Agar Tidak Menggangu Jalan Arteri Yang Telah Ada. Mengingat Bahwa Yang Akan Menuju Teluk Lamong Adalah Truk Kontainer Atau Truk Penganggkut Barang Perlu Dibuatkan Jalur Khusus Menuju Teluk Lamong. Pengumpulan Data Dilakukan Melalui Survey Trafic Counting, Kondisi Lapangan Dan Ahp Untuk Menentukan Trase-Trase Terpilih, Sedangkan Survey Topografi Tidak Dilakukan. Karena Topografi Di Sekitar Trase Relatif Datar. Pengolahan Data Menggunakan Program Microsoft Excel Untuk Pengolahan Data Tc Dan Arcgis Untuk Pembuatan Peta Trase. Trase-Trase Terpilih Pada Jaringan Jalan Akses Ke Teluk Lamong Adalah Dari Teluk Lamong Seberangkan Denga Fly Over Menuju Ke Depan Pintu Gerbang Tol Romokalisari, Melebarkan Jalan Arteri Dari Jalan Margomulyo Dan Jalan Tambak Osowilangun Sampai Ke Pelabuhan Teluk Lamong, Melebarkan Jalan Tambak Osowilangun Sampai Ke Pelabuhan Teluk Lamong Dengan Penambahan Jalan Baru Yang Menghubungkan Ke Tol Romokalisari. Untuk Evaluasi, Dilakukan Dengan Membandingkan Hasil Analisis Survey Ahp Terhadap Masing-Masing Kriteria Untuk Mendapatkan Kinerja Alternatif Terbaik. Pada Perkerasan Jalan, Mengacu Pada Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2013 Dan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T 14-2003. Untuk Mengetahui Kinerja Jaringan Jalan Eksisting Digunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997. Sedangkan Untuk Syarat Ketentuan Jalan Menggunakan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 19 Tahun 2011. Dari Hasil Analisa Kondisi Lalu Lintas Didapatkan Nilai Dearajat Kejenuhan Jalan Tambak Osowilangun Sebesar 0,998 Dan 0,903 Pada Jalan Margomulyo. Mengingat Pentingnya Jalan Akses Menuju Teluk Lamong Sebagai Penopang Perdagangan Jawa Timur. Secara Umum Topografi Pada Rencana Jalan Akses Ke Pelabuhan Teluk Lamong Relatif Datar. Tata Guna Lahan Pada Lokasi Jalan Akses Ke Pelabuhanteluk Lamong Di Dominasi Pergudangan, Persawahan Dan Tambak.Sehingga Pembangunan Jalan Akses Ke Pelabuhan Teluk Lamong Masih Memungkinkan. Dari Hasil Analisa Ahp Didapatkan Alternatif 1 Dengan Skor 1,775, Alternatif 2 Dengan Skor 1,212 Dan Alternatif 3 Dengan Skor 1,478. Maka Alternatif 1 Menjadi Alternatif Dengan Nilai Manfaat Terbaik, Dengan Panjang Trase 2,5 Km. Perencanaan Struktur Perkerasan Yang Digunakan Adalah Perkerasan Kaku. Dengan Nilai Beban Gandar 50.900.000 Maka Diperoleh Tebal Lapisan Perkerasan Kaku 31 Cm, Beton Kurus (Lmc) 15 Cm , Lapis Pondasi Agregat Kelas A 15 Cm Dan Lapis Penopang Di Bawah Pondasi Sebesar 180 Cm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/306/051504030
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Jun 2015 14:18
Last Modified: 23 Jun 2015 14:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143377
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item