Putra, DitaFirstian (2015) Analisa Kepuasan Serta Kontribusi Pelanggan Dan Supplier Dengan Pendekatan Manajemen Risiko (Studi Kasus Di PT Industri Kereta Api, Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pt Industri Kereta Api (Inka), Sebagai Salah Satu Badan Usaha Milik Negara Terus Mengalami Perkembangan, Yaitu Mulai Dari Penghasil Produk Gerbong Menjadi Penghasil Produk Jasa Transportasi Yang Bernilai Tinggi. Agar Produk Terus Berkembang Maka Perusahaan Perlu Mengetahui Kepuasan Dan Kontribusi Stakeholder Yang Berfungsi Sebagai Keberhasilan Performance Perusahaan. Namun Kenyataannya, Kinerja Perusahaan Dalam Menanggapi Peran Stakeholder Masih Terkendala Dengan Indikator Yang Belum Memenuhi Target Yang Sudah Direncanakan, Yaitu Pada Stakeholder Pelanggan Dan Supplier. Selain Itu Pengelolaan Risiko Yang Dikelola Masing-Masing Divisi, Hingga Saat Ini Belum Dilakukan Pencegahan Terhadap Risiko Yang Mungkin Terjadi. Dalam Penelitian Ini Identifikasi Risiko Didapatkan Dari Pelanggan Ataupun Supplier Dengan Kontribusi Yang Tinggi Dan Kepuasan Yang Rendah. Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Dan Kontribusi Dari Masing-Masing Pelanggan Dan Supplier, Sebelumnya Dilakukan Evaluasi Dengan Menggunakan Key Performanced Indicator (Kpi). Pengelolaan Risiko Ini Dilakukan Dengan Menggunakan Risk Matrixs Untuk Mengetahui Tingkat Kategori Dari Masing-Masing Risiko. Perlu Dilakukan Pencegahan Segera Terhadap Risiko Dengan Kategori Extreme Risk Dan High Risk, Agar Risiko Yang Terjadi Tidak Merugikan Perusahaan. Pencegahan Ini Dilakukan Dengan Mencari Penyebab Dari Risiko Tersebut Dengan Menggunakan Root Cause Analysis (Rca) Dan Selanjutnya Diberikan Rekomendasi Pencegahan Berdasarkan Permasalahan Yang Ada. Dari Hasil Penelitian Diketahui Bahwa Pelanggan 1, Supplier 2 Dan Supplier 3 Memliki Kontribusi Yang Tinggi Terhadap Perusahan Namun Memliki Tingkat Kepuasan Yang Tergolong Rendah. Sehingga Indikator-Indikator Dengan Nilai Rendah Dari Pelanggan 1, Supplier 2 Dan Supplier 3 Inilah Yang Dijadikan Acuan Untuk Melakukan Identifikasi Risiko Yang Mungkin Terjadi. Dari Indikator Ini Didapatkan Beberapa Risiko Dengan Tingkat Kategorinya Dan Diberikan Rekomendasi Pencegahan Terhadap Risiko Yang Mungkin Terjadi.
English Abstract
Pt Industri Kereta Api (Inka) As One Of The Developing Government Owned Enterprises, Which Started Producing Train Wagon To Become A High Valued Manufacturer Of Transportation Service. To Continue Develop The Products, The Company Needs To Know The Satisfaction And Contributions Of Stakeholders Which Function As The Success Performance Of The Company. But In Fact, The Performance Of The Company In Response To The Role Of Stakeholders Is Still Constrained By Indicators Which Does Not Meet The Targets That Have Been Planned On The Stakeholder Customer And Supplier. Besides Of That, The Risk Management Which Preserved By Each Division Has Not Been Conducted A Prevention Of Risks That May Occur, Until Now. In This Study, Risk Identification Is Obtained From Customers Or Suppliers With The Contribution Of High And Low Satisfaction. In This Study To Determine The Level Of Satisfaction And Contribution Of Each Customers And Suppliers, Firstly Performed An Evaluation By Using Key Performanced Indicator (Kpi). Risk Management Is Carried Out By Using Risk Matrixs To Determine The Level Of Each Category Of Risk. Prevention Needs To Be Done Immediately To The Category Of Extreme Risk And High Risk, So That The Risk Of Loss Does Not Damaging Company. Prevention Is Done By Searching For The Causes Of These Risks By Using The Root Cause Analysis (Rca) And Further Provided Prevention Recommendations Based On Existing Problems.Based The Results Of Research, The Customer 1, Suppliers 2 And Suppliers 3 Have A High Contribution To The Company, On Contrary However They Have A Low Level Of Satisfaction. So, Indicators Which Low Value From Customer 1, Suppliers 2 And Suppliers 3 Will Be Apply To Risks Identification. From This Indicator Can Be Obtained Some Risk With Its Category And Given A Prevention Recommendations To The Risks That May Occur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2015/274/051503379 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 May 2015 08:51 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143336 |
Preview |
Text
3._ORISINALITAS.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
5._DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4._KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6._DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7._DAFTAR_GAMBAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11._BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9._RINGKASAN+SUMMARY.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
12._BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13._BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
10._BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
14._BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
15._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
16._LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
1._COVER+LEMPER_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8._DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |