Kajian Persebaran Lalu Lintas Akibat Pembongkaran Jembatan Soekarno Hatta”.

Mahendra, AvifDwi (2015) Kajian Persebaran Lalu Lintas Akibat Pembongkaran Jembatan Soekarno Hatta”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan Memperhatikan Kinerja Jaringan Jalan Satu Arah Pada Lingkar Universitas Brawijaya Yang Meliputi Jl. Soekarno Hatta, Jl. Mayjen Panjaitan, Jl. Bogor, Jl. Veteran, Jl. Sumbersari-Gajayana, Jl. Mt Haryono, Jl. Bunga Coklat-Pisang Kipas, Jl. Mt Haryono Xiii (Sebelah Polsek), Jl. Bunga Cengkeh, Jl. Dewandaru, Jl. Kumis Kucing, Dan Jl. Cendana Di Kota Malang Yang Semakin Ramai Saat Akhir Pekan, Maka Diperlukannya Upaya Untuk Menganalisis Dan Mencari Solusi Yang Diperlukan Agar Dampak Yang Terjadi Dapat Diminimalisir. Skripsi Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Distribusi Perjalanan Pada Lingkar Universitas Brawijaya Pada Saat Keadaan Arus Lalu Lintas Satu Arah Dan Membuat Skenario Pengaturan Lalu Lintas Akibat Pembongkaran Jembatan Rangka Soekarno Hatta Dan Masa Pembangunan Jembatan Yang Baru. Kajian Yang Dilakukan Berupa Distribusi Kendaraan, Analisa Kinerja Ruas, Simpang Dan Jalinan Serta Membuat Skenario Pengaturan Lalu Lintas Agar Dapat Memberi Solusi Dan Mengurangi Terjadinya Kemacetan Pada Saat Pembongkaran Jembatan Rangka Soekarno Hatta Dan Masa Pembangunan Jembatan Yang Baru. Data Penelitian Didapat Dengan Melakukan Survei Distribusi Kendaraan Dan Survei Traffic Counting Pada Hari Jumat Pukul 06.00-08.00 Wib Dan 15.00-17.00 Wib Dengan Lokasi Jaringan Jalan Satu Arah Pada Lingkar Universitas Brawijaya. Analisis Kinerja Simpang Dan Ruas Mengacu Pada Mkji 1997, Sedangkan Untuk Skenario Pengaturan Lalu Lintas Mengacu Referensi Terkait Yaitu Mengenai Optimasi Waktu Siklus Dan Geometri. Sehingga Diperoleh Tingkat Pelayanan Pada Masing-Masing Jaringan Jalan Di Sekitar Kawasan Tersebut, Kemudian Diambil 2 Skenario Yang Direkomendasikan Karena Memiliki Tingkat Kinerja Jalan Yang Lebih Baik Dan Memiliki Tingkat Pengaturan Lalu Lintas Yang Relatif Lebih Mudah Dibanding Skenario Yang Lain. Skenario Yang Direkomendasikan Yaitu Skenario 1 Dan Skenario 2. Hasil Yang Diperoleh Dari Skenario 1 Yaitu Ruas Soekarno Hatta (Arah Ke Universitas Brawijaya) Dengan Tingkat Pelayanan A Dengan Ds Sebesar 0,34; Ruas Soekarno Hatta (Arah Ke Blimbing) Dengan Tingkat Pelayanan C Dengan Ds Sebesar 0,72; Ruas Soekarno Hatta (Ruas Pada Jembatan Beton) Dengan Tingkat Pelayanan D Dengan Ds Sebesar 0,91; Ruas Bunga Cengkeh Dengan Tingkat Pelayanan B Dengan Ds Sebesar 0,36; Ruas Dewandaru Dengan Tingkat Pelayanan A Dengan Ds Sebesar 0,32; Ruas Cendana Dengan Tingkat Pelayanan A Dengan Ds Sebesar 0,06; Ruas Bunga Coklat- Pisang Kipas Dengan Tingkat Pelayanan F Dengan Ds Sebesar 1,23; Ruas Mt Haryono Xiii (Sebelah Polsek) Dengan Tingkat Pelayanan F Dengan Ds Sebesar 1,23; Simpang Soekarno Hatta-Bunga Coklat Dengan Tingkat Pelayanan F Dengan Tundaan Sebesar 339,02 Detik, Simpang Mt Haryono-Soekarno Hatta Dengan Tingkat Pelayanan F Dengan Tundaan Sebesar 711,98 Detik; Simpang Dewandaru Dengan Tingkat Pelayanan B Dengan Tundaan Sebesar 13,31 Detik, Simpang Kumis Kucing Dengan Tingkat Pelayanan B Dengan Tundaan Sebesar 6,53 Detik, Simpang Cendana Dengan Tingkat Pelayanan A Dengan Tundaan Sebesar 5,00 Detik. Sedangkan Hasil Yang Diperoleh Dari Skenario 2 Yaitu Dengan Hasil Ruas Soekarno Hatta (Arah Ke Universitas Brawijaya) Dengan Tingkat Pelayanan A Dengan Ds Sebesar 0,34; Ruas Soekarno Hatta (Arah Ke Blimbing) Dengan Tingkat Pelayanan C Dengan Ds Sebesar 0,72; Ruas Soekarno Hatta (Ruas Pada Jembatan Beton) Dengan Tingkat Pelayanan D Dengan Ds Sebesar 0,91; Ruas Bunga Cengkeh Dengan Tingkat Pelayanan C Dengan Ds Sebesar 0,68; Ruas Dewandaru Dengan Tingkat Pelayanan F Dengan Ds Sebesar 1,55; Ruas Cendana Dengan Tingkat Pelayanan F Dengan Ds Sebesar 1,67; Ruas Bunga Coklat- Pisang Kipas Dengan Tingkat Pelayanan B Dengan Ds Sebesar 0,42; Ruas Mt Haryono Xiii (Sebelah Polsek) Dengan Tingkat Pelayanan A Dengan Ds Sebesar 0,09; Simpang Soekarno Hatta-Bunga Coklat Dengan Tingkat Pelayanan F Dengan Tundaan Sebesar 394,86 Detik, Simpang Mt Haryono-Soekarno Hatta Dengan Tingkat Pelayanan F Dengan Tundaan Sebesar 647,86 Detik, Simpang Dewandaru Dengan Tingkat Pelayanan F Dengan Tundaan Sebesar 829,39 Detik, Simpang Kumis Kucing Dengan Tingkat Pelayanan B Dengan Tundaan Sebesar 7,90 Detik, Simpang Cendana Dengan Tingkat Pelayanan B Dengan Tundaan Sebesar 14,40 Detik.

English Abstract

By Paying Attention To The Road Network Performance In One Direction On The Circumference Of The University Of Brawijaya Which Includes Jl. Soekarno Hatta, Jl. Mayjen Panjaitan, Jl. Bogor, Jl. Veteran, Jl. Sumbersari-Gajayana, Jl. Mt Haryono, Jl. Bunga Coklat-Pisang Kipas, Jl. Mt Haryono Xiii (Side Police Office), Jl. Bunga Cengkeh, Jl. Dewandaru, Jl. Kumis Kucing, Dan Jl. Cendana In Malang Increasingly Crowded During The Weekend, Then The Need For Efforts To Analyze And Find Solutions Needed For Impacts That Occur Can Be Minimized. This Thesis Aims To Determine The Distribution Of Travel On The Circumference Of University Of Brawijaya During The State Of Traffic Flow In One Direction And Create A Scenario Traffic Arrangements Due To Bridge Demolition Order Soekarno Hatta And A New Bridge Construction. A Study Conducted In The Form Of Distribution Of Vehicles, The Analysis Of The Performance Of Segments, Intersections, And A Tangle And Create A Scenario Traffic Arrangements In Order To Provide Solutions And Reduce Congestion During The Bridge Demolition Order Soekarno Hatta And A New Bridge Construction. The Research Data Obtained By Surveying Vehicle Distribution And Traffic Counting Surveys On Fridays At 06:00 To 8:00 Am And 03:00 To 05:00 Pm At The Location The Circumference Of University Of Brawijaya During The State Of Traffic Flow In One Direction. Analysis Of The Performance Of Intersections And Sections Refer To Mkji 1997, While For The Traffic Scenario Settings Related References That Refer To The Optimization Of Cycle Time And Geometry. In Order To Obtain A Level Of Service On Each Road Network In The Surrounding Area, Then Taken Two Scenarios Recommended Because It Has A More Level Road Performance More Good Dan Have High Levels Of Traffic Management Is Relatively Easier Than Other Scenarios. Recommended Scenario That Scenario 1 And Scenario 2. The Results Of Scenario 1, Namely Soekarno Hatta Segment (Directions To The University Of Brawijaya) With A Level Of Service A With A Ds Of 0,34; Soekarno Hatta Road (Direction To Blimbing) With The Level Of Service C With Ds Of 0,72; Soekarno Hatta Segment (Segments On Concrete Bridge) With A Level Of Service D With Ds Of 0,91; Bunga Cengkeh Segment With A Level Of Service B With Ds Of 0,36; Dewandaru Segment With A Level Of Service A With Ds Of 0,32; Cendana Segment With A Level Of Service A With Ds Of 0,06; Bunga Coklat-Pisang Kipas Segment With The Level Of Service F With Ds Of 1,23; Mt Haryono Xiii (Side Police Office) Segment With The Level Of Service F With Ds Of 1,23; Soekarno Hatta-Bunga Coklat Intersection With A Level Of Service F With A Delay Of 339,02 Seconds, Mt Haryono-Soekarno Hatta Intersection With The Level Of Service F With A Delay Of 711,98 Seconds; Dewandaru Intersection With The Level Of Service B With A Delay Of 13,31 Seconds, Kumis Kucing Intersection With The Level Of Service B With A Delay Of 6,53 Seconds, Cendana Intersection With The Level Of Service A With A Delay Of 5,00 Seconds. While The Results Of Scenario 2 Is The Segment Results Soekarno Hatta (Directions To The University Of Brawijaya) With A Level Of Service A With Ds Of 0,34; Soekarno Hatta Segment (Direction To Blimbing) With The Level Of Service C With Ds Of 0,72; Soekarno Hatta Segment (Segments On Concrete Bridge) With A Level Of Service D With Ds Of 0,91; Bunga Cengkeh Segment With A Level Of Service C With Ds Of 0,68; Dewandaru Segment With A Level Of Service F With Ds Of 1,55; Cendana Segment With A Level Of Service F With Ds Of 1,67; Bunga Coklat-Pisang Kipas Segment With Service Level B With Ds Of 0,42; Mt Haryono Xiii (Side Police Office) Segment With The Level Of Service A With Ds 0,09; Soekarno Hatta-Bunga Coklat Intersection With A Level Of Service F With A Delay Of 394,86 Seconds, Mt Haryono-Soekarno Hatta Intersection With The Level Of Service F With A Delay Of 647,86 Seconds, Dewandaru Intersection With The Level Of Service F With A Delay Of 829,39 Seconds, Kumis Kucing Intersection With The Level Of Service B With A Delay Of 7,90 Seconds, Cendana Intersection With The Level Of Service B With A Delay Of 14,40 Seconds

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/269/051503309
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 May 2015 08:05
Last Modified: 21 May 2015 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143329
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item