Pengendalian Sudut Cermin Datar Pada Solatube Menggunakan PID Berbasis Mikrokontroler,

Pamega, GumilangSaptha (2015) Pengendalian Sudut Cermin Datar Pada Solatube Menggunakan PID Berbasis Mikrokontroler,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Solatube merupakan tabung cahaya yang sistem kerjanya memasukkan cahaya matahari ke dalam tabung reflektor, dipantulkan dan masuk ke dalam ruangan. Cahaya yang masuk ke dalam ruangan benar-benar dari cahaya matahari, bukan listrik buatan. Berbeda dengan solarcell yang memanfaatkan energi matahari menjadi listrik dalam baterai untuk menyalakan lampu listrik. Namun, umumnya solatube menggunakan dome untuk memantulkan cahaya. Pada penelitian kali ini dilakukan penyempurnaan rancangan solatube dari salah satu peneliti yang juga melakukan penelitian tentang solatube, namun solatube yang dirancang tidak memiliki dome diatas tabung solatube-nya. Maka dibuatlah suatu solusi untuk membuat alat yang dapat menggantikan peran dari dome solatube. Yakni dengan menggunakan cermin yang dapat bergerak sesuai dengan sudut yang telah ditentukan sebelumnya, dengan sensor LDR sebagai pendeteksi cahaya dan kontroler yang digunakan ialah kontrol PID. Di mana cermin ini berfungsi untuk merefleksikan cahaya, sehingga cahaya dapat masuk melalui lubang atas solatube. Setpoint sudut yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu sebesar 0°, 45°, 90° dan 135°. Dan sensor LDR yang digunakan berjumlah 8 sensor, di mana apabila salah satu sensor mendeteksi kuat cahaya terkuat maka cermin akan bergerak ke sudut tersebut. Dari hasil perancangan dan pengujian alat yang telah dilakukan, didapatkan paremeter PID dengan metode hand tuning yang paling baik yaitu Kp = 2,4 , Ki = 1,7 , Kd = 0,5 atau Kp = 3,2 , Ki = 0 , Kd = 0.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/26/051500567
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jan 2015 12:10
Last Modified: 22 Oct 2021 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143319
[thumbnail of Skripsi_Keseluruhan_Fix.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Keseluruhan_Fix.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item