Analisa Harga Satuan Pekerjaan Beton Bertulang Pada Pondasi Berdasarkan Analisa Pada Proyek Dan Sofware Ms. Project Pada Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu Balittas Malang

Widoseno, Arief (2015) Analisa Harga Satuan Pekerjaan Beton Bertulang Pada Pondasi Berdasarkan Analisa Pada Proyek Dan Sofware Ms. Project Pada Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu Balittas Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam Sebuah Proyek Konstruksi Baik Dalam Tahap Perencanaan, Pelaksanaan Dan Pengawasan Sangat Diperlukan Manajemen Konstruksi Yang Baik. Salah Satu Hal Yang Terpenting Adalah Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (Rab) Dimana Untung Atau Rugi Sebuah Proyek Bergantung Pada Estimasi Biaya Pada Awalnya. Salah Satu Metode Yang Digunakan Untuk Menghitung Estimasi Biaya Konstruksi Adalah Analisa Harga Satuan Pekerjaan, Yaitu Menghitung Secara Detail Harga Satuan Pekerjaan Berdasarkan Nilai Indeks Atau Koefesien Untuk Analisis Biaya Bahan Dan Upah Kerja. Dari Kedua Koefesien Tersebut Akan Di Dapatkan Harga Satuan Pekerjaan Setiap Satuan Volume Yang Akan Dilaksanakan Pada Suatu Kontruksi. Komposisi Perbandingan Dan Susunan Material Serta Tenaga Kerja Pada Satu Pekerjaan Sudah Di Tetapkan Yang Selanjutnya Dikalikan Dengan Material Dan Upah Yang Berlaku Di Pasaran. Namun Seiring Dengan Berjalannya Waktu, Saat Ini Kegiatan Pengecoran Pada Pondasi Tidak Lagi Menggunakan Sistem Site Mix Atau Pengadukan Dan Pencampuran Di Lapangan, Melainkan Menggunakan Sistem Ready Mix Yang Lebih Efesien Dan Menghemat Waktu. Namun Pada Umumnya Dalam Perhitungan Anggaran Biaya Koefesien Yang Digunakan Adalah Koefesien Pekerjaan Beton Site Mix Yang Tidak Sesuai Dengan Apa Yang Di Laksanakan Di Lapangan. Selain Menggunakan Metode Yang Sebelumnya Telah Dijelaskan, Perhitungan Estimasi Biaya Kontruksi Juga Dapat Dilakukan Dengan Metode Ms. Project. Sesuai Dengan Pengamatan Yang Dilakukan Pada Pehitungan Analisa Biaya Dinding Bata Ringan Pada Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu Balittas Malang Menggunakan Analisa Yang Menyerupai Metode Sni.. Hasil Analisa Biaya Pekerjaan Beton Bertulang Pada Pondasi Sesuai Analisa Pihak Kontraktor Didapatkan Sebesar Rp 426.207.795,-. Selain Itu Analisa Biaya Dihitung Dengan Menggunakan Bantuan Software Ms. Project. Analisa Biaya Menggunakan Ms. Project Didasarkan Pada Laporan Harian Proyek Dan Estimasi Pekerja Dan Alat Yang Digunakan Sesuai Dengan Kondisi Di Lapangan. Biaya Total Pada Ms. Project Didapatkan Dari Akumulasi Biaya Material, Gaji Pekerja, Serta Biaya Alat Yang Digunakan Pada Proyek. Hasil Perhitungan Estimasi Biaya Pekerjaan Beton Bertulang Pada Pondasi Dengan Menggunakan Metode Ms. Project Didapatkan Sebesar Rp 326.000.430,-. Selisih Biaya Total Pekerjaan Dinding Bata Ringan Dengan Kedua Metode Ini Adalah Sebesar Rp 100.207.365,-. Penggunaan Estimasi Biaya Dengan Ms. Project Didapatkan Hasil Yang Lebih Mendekati Dengan Keadaan Di Lapangan Dan Lebih Realistis Dari Pada Analisa Pihak Kontraktor Yang Menyerupai Metode Sni.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/218/051502492
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Apr 2015 07:14
Last Modified: 22 Oct 2021 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143274
[thumbnail of SKRIPSI_ARIEF_WIDOSENO.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ARIEF_WIDOSENO.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item