Pemodelan Dinamis Pengaruh Peningkatan Jumlah Mahasiswa Terhadap Kinerja Jalan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Setiawan, MuhammadSuprayogi (2014) Pemodelan Dinamis Pengaruh Peningkatan Jumlah Mahasiswa Terhadap Kinerja Jalan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Lowokwaru Merupakan Kawasan Pendidikan Yang Salah Satunya Menjadikan Pusat Pendidikan Perguruan Tinggi Di Kota Malang. Pergerakan Yang Tinggi Terjadi Di Beberapa Ruas Jalan Utama Di Kecamatan Lowokwaru, Dimana Mahasiswa Juga Memiliki Presentase Pembebanan Yang Cukup Tinggi Terutama Pada Saat Jam Sibuk Lalu Lintas. Tujuan Dari Penelitian Ini Untuk Mengetahui Peningkatan Volume Lalu Lintas Tiap Tahunnya Yang Disebabkan Oleh Meningkatnya Pula Jumlah Mahasiswa Pada Beberapa Perguruan Tinggi Yang Terdapat Di Kecamatan Lowokwaru Dengan Model Dinamis. Pada Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Terdapat Empat Perguruan Tinggi Yang Memiliki Jumlah Mahasiswa Yang Cukup Tinggi, Dengan Fenomena Peningkatan Jumlah Mahasiswanya Yang Tinggi Pula Pada Tiap Tahunnya, Serta Terdapat Jalan-Jalan Utama Yang Merupakan Pilihan Utama Mahasiswa Dari Perguruan Tinggi Tersebut Untuk Melakukan Pergerakan Ke Kampus Ataupun Sebaliknya. Jalan-Jalan Utama Tersebut Diantaranya Memiliki Hambatan Samping Yang Cukup Tinggi Berupa Kawasan Pendidikan Sehingga Pembebanan Pada Jalan Tersebut Juga Cukup Tinggi Hasil Analisa Yang Dilakukan Dengan Model Dinamis Pada Software Stella Diketahui Bahwa Pada Tahun 2014 Pembebanan Tertinggi Dilakukan Oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya Di Jalan Veteran Pada Jamsibuk Sore Dengan Presentase Pembebanan 25,04%, Dengan Total Volume Lalu Lintas 3.201,15 Smp, Maka Jalan Veteran Memiliki Los C. Tren Peningkatan Jumlah Mahasiswa Yang Cukup Tinggi Akan Membuat Pembebanan Juga Terus Meningkat, Sehingga Pada Tahun 2034 Hampir Di Seluruh Jalan Di Wilayah Studi Akan Memiliki Los F. Jika Mahasiswa Menjadi Salah Satu Penyebab Meningkatnya Pembebanan Terhadap Jalan, Maka Seharusnya Dari Pihak Perguruan Tinggi Memberikan Kebijakan-Kebijakan Internal Misalnya Dengan Pembatasan Mahasiswa Yang Boleh Menggunakan Kendaraan Bermotor Menuju Kampusnya Atau Menyediakan Moda Transportasi Umum Misalnya Bus Kampus Bagi Mahasiswanya

English Abstract

Lowokwaru District Is An Area Of Education Which One Makes The Center Of College Education In Malang. High Movement Occurs In Several Main Streets In District Lowokwaru, Which Students Also Have A Load Is High Enough, Especially During The Peak Hours Traffic. The Purpose Of This Study To Determine An Increase The Volume Of Traffic Each Year Caused By Increased The Amount Of Students At Several Universities That Are In District Lowokwaru With Dynamic Modelling. In Lowokwaru District Malang City There Are Four Colleges That Have Enough High Number Of Students, With The Phenomenon Of Increasing The Number Of Students Which High In Each Year, And There Are Main Streets Which The Main Choice Of The College Student To Do Movement To Campus Or Vice Versa. The Main Streets Which Have A Side Barriers Is Enough High Among Others Of Education Area So That The Load Area On The Road Is Also Quite High. The Results Of The Analysis Performed With The Dynamic Model Of The Software Stella Is Known That In 2014 The Highest Loading Is Done By Ub Students In Jalan Veteran In The Afternoon Peak Hours With A Percentage Of Load Is 25.04%, The Total Volume Of Traffic 3201.15 Smp, Jalan Veteran Have Los C. The Trend Of Increasing The Number Of Students Which A High Enough Will Make A Load Continues To Increase, So That In The Year 2034 Almost All Roads In The Study Area Will Have Los F. If The Student Becomes One Of The Causes Of The Increased Load On The Streets, Then It Should Be From The College Provide Internal Policies For Example By Give A Limit To The Students Are Allowed To Use The Motor Vehicle To The Campus Or To Provide Public Transportation For Example Buses Campus For Students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/2/051500278
Subjects: UNSPECIFIED > Subject Not Defined
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jan 2015 10:43
Last Modified: 22 Oct 2021 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143253
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_+_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Cover_+_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Persetujuan_dan_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Persetujuan_dan_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan_-_Summary.pdf]
Preview
Text
Ringkasan_-_Summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Surat_Pernyataan_Orisinalitas.pdf]
Preview
Text
Surat_Pernyataan_Orisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item