Kriteria Kadar Air–Kepadatan Bentonite Dicampur Dengan Fly Ash Untuk Compacted Soil Liner.

Gunawan, LindaIrnawati (2015) Kriteria Kadar Air–Kepadatan Bentonite Dicampur Dengan Fly Ash Untuk Compacted Soil Liner. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem pembuangan sampah pada TPA yang seharusnya menggunakan sistem sanitary landfill berubah menjadi sistem open dumping telah menyebabkan kontaminasi pada air tanah akibat masuknya lindi pada air tanah. Untuk mengurangi kontaminasi air tanah tersebut diperlukan suatu lapisan compacted soil liner. Compacted soil liner atau lapisan tanah yang dipadatkan telah lama digunakan dalam rekayasa hidrolik sebagai fasilitas penanganan limbah. Compacted Soil Liner banyak digunakan untuk tempat pembuangan limbah sebagai penutup unit pembuangan limbah. Compacted soil liner terbentuk dari material tanah yang mengandung lempung yang diletakkan dan dipadatkan berlapis yang disebut lifts. Secara sederhana, struktur compacted soil liner dapat digambarkan terdiri dari pelapis dasar dan penutup Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kriteria kadar air-kepadatan bentonite dicampur dengan Fly Ash melalui uji falling head dan unconfined compression. Dari hasil uji falling head dan unconfined compression nantinya akan didapatkan acceptable zone campuran Bentonite dan Fly Ash.Pada penelitian ini dilakukan pengujian pemadatan dengan metode standard proctor untuk pemodelan benda uji permeabilitas dan kuat tekan bebas. Pengujian falling head dan unconfined compression yang bertujuan untuk mendapatkan mendapatkan kriteria kadar air-kepadatan bentonite dicampur dengan Fly Ash untuk compacted soil liner. Adapun benda uji yang digunakan adalah berupa campuran lempung komersil tanah Bentonite dan Fly Ash, yang divariasikan menjadi Tanah A (30% Bentonite + 70% Fly Ash), Tanah B (50% Bentonite + 50% Fly Ash), Tanah C (70% Bentonite + 30% Fly Ash). Pada setiap komposisi campuran tanah dimodelkan 5 titik dengan kadar air-kepadatan yang berbeda sesuai hasil pemadatan dengan menggunakan standard proctor.Dari hasil uji laboratorium, diketahui karakteristik fisik Bentonite adalah tanah lempung anorganik dengan plastisitas tinggi (CH) sedangkan fly ash merupakan jenis fly ash kelas C. Untuk mengetahui karakteristik mekanisnya, dilakukan uji pemadatan Standard Proctor yang digunakan untuk pemodelan tanah pada pengujian falling head dan unconfined compression. Berdasarkan hasil uji falling head dan unconfined compression, dapat diketahui bahwa komposisi campuran tanah bentonite dan fly ash serta kondisi kepadatan tanah dan kadar air berpengaruh terhadap nilai koefisien permeabilitas (k) dan kuat tekan bebas (qu). Dari hasil uji uji falling head dan unconfined compression secara umum didapatkan bahwa Tanah B (50% Bentonite + 50% Fly Ash) dan Tanah C (70% Bentonite + 30% Fly Ash) menghasilkan nilai koefisien permeabilitas (k) dan kuat tekan bebas (qu) yang sesuai untuk compacted soil liner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/197/051501905
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Mar 2015 14:35
Last Modified: 22 Oct 2021 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143250
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PROCTOR_STANDARD.pdf]
Preview
Text
PROCTOR_STANDARD.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item