Penentuan Strategi Manajemen Berdasarkan Analisis Performance Prism Dan Swot (Studi Kasus Di Travel Avatar Magetan)

Halim, HafidzAkbar (2015) Penentuan Strategi Manajemen Berdasarkan Analisis Performance Prism Dan Swot (Studi Kasus Di Travel Avatar Magetan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk menghadapi persaingan pelayanan jasa travel yang kian ketat, perusahaan harus memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen, begitu juga dengan Travel Avatar Magetan sebagai salah satu penyedia jasa transportasi di Magetan. Dilatar belakangi oleh target Travel Avatar yang tidak tercapai pada tahun 2013, maka diperlukan penelitian untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dan menentukan strategi yang tepat agar perusahaan dapat terus bersaing dengan kompetitor yang ada. Penelitian ini menggabungkan metode Performance Prism sebagai pengukur kinerja dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threaths) sebagai penentu strategi yang tepat. Peneliti menggunakan KPI (Key Performance Indicator) sebagai dasar pengukur kinerja perusahaan. Dengan menggunakan OMAX (Objective Matrix) dan Traffic Light System, dapat diketahui aktivitas-aktivitas perusahaan mana saja yang tergolong dalam kategori merah, kuning dan hijau. Hasil dari pengukuran kinerja dan brainstorming yang dilakukan kemudian dikategorikan ke dalam faktor internal sebagai Strengths dan Weakness serta faktor eksternal sebagai Opportunities dan Threats. Selanjutnya akan diperoleh strategi perusahaan yang baru berdasarkan analisis tersebut. Rancangan sistem pengukuran kinerja menghasilkan 3 stakeholder yaitu investor, customer dan employee serta teridentifikasi 16 KPI. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode OMAX diperoleh kinerja keseluruhan perusahaan sebesar 7,72. Dari Traffic Light System dapat diketahui 8 KPI masuk dalam kategori hijau, 5 KPI masuk dalam kategori kuning, dan 3 KPI masuk dalam kategori merah. Sedangkan dari analisis SWOT yang dilakukan diperoleh strategi SO, ST, WO dan WT. Strategi SO merekomendasikan untuk penambahan jadwal keberangkatan dan melakukan kerja sama dengan dealer kendaraan bermotor, strategi ST merekomendasikan untuk memberikan promo atau potongan harga, strategi WO merekomendasikan untuk melakukan laporan keuangan dan management review yang rutin dan terjadwal melakukan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan serta strategi WT merekomendasikan untuk memberikan fasilitas customer service bagi pelanggan, memberikan promo dan memberikan fasilitas tambahan pada pelanggan

English Abstract

To encounter the competition of travel services, the travel agent have to give good services to the customer. In this case, Travel Avatar, one of travel agent in Magetan. Since the company target of Travel Avatar Magetan in 2013 that was not reached, it was needed a research about company performance and right strategies, so the company can compete among other competitors. This research integrates Performance Prism methods to measure performance and SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threaths) to determine the appropriate strategy. Researchers use the Key Performance Indicator (KPI) as the basis for measuring the performance of the company. By using Objective Matrix (OMAX) and Traffic Light System, could know that the companys activities are classified in the category of red, yellow and green. The results of performance measurement and brainstorming, then categorized into internal factors as Strengths and Weaknesses or external factors as the Opportunities and Threats. Furthermore, the company will obtain a new strategy based on that analysis. The result obtained three stakeholder in Travel Avatar Magetan. There are investor, customer and employee, and also 16 Key Performance Indicator (KPI) identified from it. Based on calculations using OMAX method obtained the overall performance of the company amounted to 7.72 and from Traffic Light System can be seen that 8 KPI included in the green category, 5 KPI included in the yellow category, and 3 KPI included in the red category. Based on SWOT analysis got SO strategy, ST strategy, WO strategy and WT strategy. SO strategy suggest to add the scheduled departure time and cooperate with motor vehicle dealers, ST strategy suggest to give promos or discounts, WO strategy suggest to do scheduled financial statements and management review, also scheduled training and development for employees and WT strategy suggest to provide customer service facility for customers, promo and additional facilities to the customers

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/164/051501045
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Feb 2015 09:52
Last Modified: 22 Oct 2021 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143214
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item