Pamanggiasih, LarasGustari (2015) Analisis Perspektif Konsumen pada Desain Kemasan Keripik Buah Menggunakan Rekayasa Kansei dan Model Kano,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyaknya tempat wisata di Malang membuat sentra UKM dengan produk sejenis semakin menjamur untuk menyediakan berbagai macam oleh-oleh yang bisa dibawa oleh wisatawan seperti halnya keripik buah. Para pengusaha harus menghadapi persaingan pasar yang tidak hanya unggul dalam kualitas atau teknologi, tetapi juga unggul dalam memuaskan hasrat konsumen, yaitu dengan memikirkan kemasan yang dapat menarik perhatian konsumen. Untuk itu, penelitian ini menganalisa lebih jauh mengenai desain kemasan keripik buah oleh-oleh khas Malang yang berorientasi pelanggan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan pengusaha keripik buah dapat lebih selektif untuk menentukan strategi desain kemasannya untuk meningkatkan penjualan produk keripik buah ditengah-tengah persaingan pasar yang cukup ketat. Dalam menyelesaikan permasalahan, penelitian ini menggunakan konsep Kansei Engineering untuk menerjemahkan persepsi konsumen terhadap desain kemasan keripik buah dan Model Kano untuk mengklasifikasi faktor preferensi yang mempengaruhi desain kemasan produk keripik buah. Beberapa kata kansei yang dikumpulkan, dilakukan analisis faktor menggunakan metode Principal Component Analysis dengan rotasi Varimax untuk mereduksi faktor dibantu dengan software SPSS 19.0, yang selanjutnya dipetakan dalam diagram Model Kano menggunakan nilai korelasi Spearman. Kemudian faktor yang termasuk dalam atribut linear dianalisa menggunakan analisis konjoin, yaitu metode untuk mengetahui hubungan dan kombinasi antara kata kansei dengan elemen desain, untuk merancang desain kemasan. Desain kemasan keripik buah yang berkualitas dan lebih diinginkan oleh pelanggan adalah desain kemasan yang modis (trendi), modern, elegan, bagus, kreatif (inovatif), menarik, mempesona (memikat), terang (cerah), bercorak dan berwarna, kualitas bagus, informatif dan komunikatif. Sedangkan elemen desain kemasan yang dianggap penting oleh konsumen, yaitu faktor asesoris dan faktor warna yang memberikan kesan sesuai dengan persepsi konsumen. Secara keseluruhan, desain kemasan yang diinginkan oleh konsumen adalah desain kemasan dengan bahan plastik, bentuk tabung, berlabel digital printing, warna-warni dan berasesoris model tintie.
English Abstract
The abundant numbers of tourist travelling to Malang creates opportunity to the Small to Medium Enterprise (SME) that produce a unique stuff for souvenir. The entrepreneurs that produce fruit chips for example are one of SME that should face a huge market competition. It needs to produce not only preeminent and superior in its qualities or technology; good packaging and unique shape that can be easily to carry may also can attract the attention of the consumers. A research should be carried out to propose the fruit chip’s package design based on the consumers’ orientation. The results, hopefully, can help the entrepreneur to determine the packaging design strategy in order to increase the product sales of fruit chips in the middle of a fairly strict market competition. This research were using two kind of methods. Kansei Engineering were used to translate the consumer’s perception for the packaging design whereas classifying the preference factors from the consumers were carried out by using Kano Models. Compiling a number of Kansei words were the first step of the research followed by performing analysis to the factors using Principal Component Analysis (SPSS 19.0) method with varimax rotation. It permits eliminate non crucial factors. The factors were mapped into Kano Model diagrams using Spearman correlation value. Finally, the factors that catagorized as the linear attributes were analyzed using conjoint analysis to determine the relationship and combination between the Kansei words and the design elements. The result shows that the packaging design of the fruit chips should meet the customer’s expectation i.e. fashionable (trendy), modern, elegant, good in design, creative (innovative), interesting, fascinating (lure), bright (bright), stylist and colorful, good in quality, informative and communicative. However, the color and accessories were found to be the most important to customer due to the fact that factors give them the first impression before deciding to buy. For the material and shape, it should be made from plastics with tube shape. A plastic label printed with a colorful-digital printing and the tin tie accessories finally have to add to the shape for completing the design.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2015/155/051501036 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 11 Feb 2015 12:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 04:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143204 |
Preview |
Text
14._LAPORAN_SKRIPSI_(FULL).pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |