Penyangrai Biji Kopi Otomatis Untuk Rumah Tangga Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Metode PID auto tuning.

SandicaF, Fandy (2015) Penyangrai Biji Kopi Otomatis Untuk Rumah Tangga Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Metode PID auto tuning. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Coffee roasting (penyangraian) merupakan salah satu proses terpenting dalam pengolahan biji kopi. Sehingga dibutuhkan sebuah sebuah mesin coffee roaster otomatis yang mampu menunjang proses home roasting. Pada dasarnya coffee roaster ini adalah sebuah alat pemanas yang suhunya diatur dan proses pemanasannya menggunakan hot air yang dihasilkan oleh elemen pemanas elektrik dan ditiup oleh sebuah kipas angin dibawahnya.. Metode PID dipilih sebagai metode kontrol agar sistem memiliki respon yang optimal berdasarkan karakteristik beban yang diatur. Lalu untuk menentukan hasil parameter kontroler PID ini menggunakan metode osilasi Ziegler-Nichols. Metode ini dipilih karena dapat mempersingkat waktu pencarian parameter karena menggunakan rumus-rumus sederhana dan proses trial and error hanya pada pencarian parameter Kp. Hasil parameter kontroler PID diperoleh nilai Kp= 73,8 , Ki= 53,67 dan Kd= 25,36. Dengan nilai Kp, Ki dan Kd tersebut sistem dapat berjalan dengan baik dengan mempertahankan suhu mendekati setpoint.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/120/051501000
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Feb 2015 15:39
Last Modified: 22 Oct 2021 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143165
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item