Galeri Topeng Malangan (Tata Interior Ruang Pamer Berdasarkan Pengolahan Elemen Visual

Arindra, TiaraRidhaniPutri (2014) Galeri Topeng Malangan (Tata Interior Ruang Pamer Berdasarkan Pengolahan Elemen Visual. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah wisatawan yang datang ke kota Malang meningkat tiap tahunnya namun sebagian besar wisatawan lebih memilih mengunjungi pusat perbelanjaan dari pada potensi wisata Malang yang lain, hal ini menyebabkan potensi Malang seperti topeng Malangan yang merupakan salah satu ikon budaya Malang yang keberadaannya patut untuk dilestarikan kurang memiliki kesempatan untuk dikenal oleh wisatawan. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan wadah untuk memperkenalkan dan mengembangkan topeng Malangan, wadah tersebut adalah Galeri topeng Malangan. Ruang utama pada Galeri adalah Ruang Pamer Topeng Malangan yang memerlukan pengolahan desain khusus karena bersentuhan langsung dengan pengunjung. Desain yang baik adalah desain yang memiliki kesatuan dan keselarasan di dalamnya, keselarasan dapat dicapai melalui pengolahan elemen-elemen visual pada desain dan melalui pemilihan, penggunaan, serta penyusunan objek yang didasarkan pada suatu ide yang sama. Menurut beberapa peneliti topeng Malangan, setiap warna, ukiran, ragam hias serta karakter wajah dari tiap tokoh topeng Malangan mempengaruhi watak atau sifat dari setiap tokoh topeng Malangan selain itu sebesar 47,5% penikmat Wayang Topeng Malangan menyatakan bahwa mereka membutuhkan penjelasan mengenai sifat tokoh agar dapat lebih menikmati dan menghayati lakon wayang topeng Malangan. Maka untuk mencapai desain ruang pamer topeng Malangan yang baik serta selaras dengan objek pamer yang ditampungnya dapat dilakukan pengolahan elemen visual ruang pamer topeng Malangan berdasarkan watak atau karakter tokoh topeng Malangan. Untuk mencapai desain ruang pamer topeng Malangan yang baik serta selaras dengan objek pamer yang ditampungnya dilakukan beberapa tahapan, yang pertama adalah tahapan pengumpulan data yang terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari survei lapangan pada tapak perancangan dan pada Sanggar Asmorobangun (salah satu pusat kerajinan topeng Malangan) serta wawancara pada pengrajin serta seniman topeng Malangan. Data sekunder didapatkan dari studi literatur yang meliputi tinjauan umum galeri, tinjauan ruang pamer yang meliputi persyaratan ruang pamer (bertindak sebagai variabel penelitian), tinjauan macam elemen visual (bertindak sebagai variabel penelitian), tinjauan keselarasan, tinjauan topeng Malangan yang di dalamnya mencangkup mengenai sifat tokoh berdasarkan bentukan topeng, dan tinjauan komparasi yang menitik beratkan mengenai persyaratan ruang pamer dan pengolahan elemen visual pada ruang pamer. Tahapan yang kedua adalah tahapan analisis yang meliputi analisis pembentukan tema ruang berdasarkan watak tokoh topeng Malangan yang pada akhirnya menghasilkan enam kelompok ruang (Halusan Putra, Halusan Putri, Gagahan, Punakawan, raksasa, dan Binatang) dengan masing-masing memiliki tema yang berbeda, tema dari tiap kelompok ruang tersebut kemudian menjadi dasar dari analisis tahap selanjutnya yaitu analisis variabel elemen visual (wujud dan bentuk, warna, tekstur, arah, dan proporsi ) dan juga variabel persyaratan ruang pamer (pencahayaan, penghawaan, sirkulasi, dan tata objek), hasil dari analisis pada tahap ini kemudian menjadi konsep desain bagi masing-masing ruang pamer topeng Malangan. Tahapan ketiga adalah perancangan desain Ruang Pamer Topeng Malangan yang bersumber dari konsep desain yang telah didapatkan dari penarikan kesimpulan pada tahapan anlisis. Tahapan terakhir adalah pembahasan hasil rancangan yang didalamnya dilakukan pembahasan sekaligus evaluasi hasil rancangan, apakah rancangan tata interior telah sesuai dengan konsep yang telah didapat dari tahapan sebelumnya. Adanya perbedaan sifat pada tiap-tiap kelompok tokoh topeng Malangan menghasilkan tema ruang yang berbeda sehingga menghasilkan desain ruang pamer topeng Malangan yang berbeda pula pada setiap ruangnya. Kelompok tokoh topeng yang memiliki sifat halus seperti kelompok tokoh Halusan Putra dan Halusan Putri memiliki karakter pengolahan elemen visual yang cenderung lembut seperti menerapkan warna-warna dengan nada warna yang rendah, bentukan-bentukan yang halus, tekstur dari material yang halus, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kelompok tokoh topeng yang memiliki sifat dinamis atau kocak seperti pada kelompok tokoh Punakawan memiliki karakter pengolahan elemen visual yang cenderung dinamis seperti menerapkan warna-warna dalam skema warna yang memilik karakter dinamis, bentukan-bentukan yang menerapkan variasi diagonal, tekstur dari material yang halus, dan lain sebagainya. Dan untuk kelompok tokoh topeng yang memiliki sifat berani seperti pada kelompok tokoh Gagahan, Raksasa, dan Binatang memiliki karakter pengolahan elemen visual yang cenderung merepresentasikan keberanian seperti menerapkan warna-warna merah yang memilik karakter berani, bentukan-bentukan yang berorientasi vertikal, tekstur dari material yang kasar, dan lain sebagainya

English Abstract

The number of tourists who visit Malang City has increased every year but most of them only go to shopping center than other potential tourist resorts in Malang. Topeng Malangan, one of cultural icons in Malang which the existence deserves for preservation, seems failed to be known in the mind of tourists. The organization to promote and to develop Topeng Malangan is needed, and then Galeri Topeng Malangan is founded. Main room of the gallery is the exhibition room of Topeng Malangan. It needs special design because it has direct contact with visitors. Good design may have cohesion and harmony. However, harmony is only achievable through the processing of visual elements in the design and also through the selection, usage and arrangement of the object based on the similar idea. Some researchers of Topeng Malangan assert that every color, sculpture, ornament and facial attribute of each character in Topeng Malangan will influence the personality of the characters of Topeng Malangan. There are 47.5 % lovers of Wayang Topeng Malangan who say that they need explanation about the personality of each character in order to enjoy and to comprehend the drama of Wayang Topeng Malangan. Therefore, to produce a well-designed exhibition room of Topeng Malangan, the design shall be in harmony with the exhibited object. The processing of visual element in the Topeng Malangan exhibition room must be based on the personality of Topeng Malangan characters. Good design of Topeng Malangan exhibition room and its harmony with the exhibited object are achieved in several stages. First stage is data collection stage which involves primary and secondary data. Primary data are collected by conducting a field survey onto the design site which is Sanggar Asmorobangun (one of Topeng Malangan handicraft centers), and also by interviewing with the artisans and artists of Topeng Malangan. Secondary data are obtained from literature study which involves general reviews about gallery, exhibition room related to the prerequisites for exhibition (used as research variable), visual elements (used as research variable), harmony, and personality of the characters based on the form of Topeng Malangan, and also comparative review between the prerequisites of exhibition room and the processing of visual elements in the exhibition room. Second stage is the analytical stage which involves the analysis of room theme based on the personality of characters in Topeng Malangan. Result of analysis has produced six groups of room (Halusan Putra, Halusan Putri, Gagahan, Panakawan, Raksasa, and Binatang). Each group has different theme. This theme will be used as the reference to the analysis over the visual elements (figure and form, color, texture, direction and proportion) and the prerequisites of exhibition room (lighting, airing, circulation, and object order). The result of this analysis will underline the design concept of each Topeng Malangan exhibition room. Third Stage is the construction of design of Topeng Malangan exhibition room based on the previous analysis. Final stage is discussion and evaluation of the design to ensure whether the interior order is consistent to the design concept. Different personality of each character in Topeng Malangan has produced different room theme. This different theme leads also to the different design of Topeng Malangan exhibition room for each character. The characters with good personality such as Halusan Putra and Halusan Putri will have soft processing of visual elements which may involve low color tones, soft figuration, fine material texture, and other delicate consideration. The characters with dynamic or fun personality such as Punakawan may have dynamic processing of visual elements such as dynamic color scheme, diagonal variation of figuration, firm material texture, and others. The characters with brave personality such as Gagahan, Raksasa and Binatang, will be given the processing of visual elements which represents the bravery, such as by applying red colors which shows the dauntless manner, vertically oriented figuration, hard material texture, and others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/1/051500266
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jan 2015 08:34
Last Modified: 22 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143139
[thumbnail of BAB_3.PDF]
Preview
Other
BAB_3.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.PDF]
Preview
Other
BAB_5.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HARD_COVER.pdf]
Preview
Text
HARD_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Pages_from_BAB_4_66__b.pdf]
Preview
Text
Pages_from_BAB_4_66__b.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Pages_from_BAB_4_66__A.pdf]
Preview
Text
Pages_from_BAB_4_66__A.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of SOFT_COVER_&_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
SOFT_COVER_&_DAFTAR_ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.PDF]
Preview
Other
BAB_1.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.PDF]
Preview
Other
BAB_2.PDF

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item