Evaluasi dan Perencanaan Geometrik Jaringan Jalan di dalam Universitas Brawijaya Malang,

Fambella, BayuChandra (2015) Evaluasi dan Perencanaan Geometrik Jaringan Jalan di dalam Universitas Brawijaya Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Universitas Brawijaya (UB), salah satu universitas negeri di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan UB semakin pesat. Hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah mahasiswa dan pergerakan lalu lintas di dalam kampus UB. Oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan kapasitas jalan dengan perbaikan geometrik di dalam kampus UB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi eksisting geometrik jaringan jalan di dalam kampus UB sudah sesuai dengan pedoaman Bina Marga untuk jalan perkotaan tahun 1992 dan membuat rekomendasi perbaikan geometrik dan akses jaringan jalan di dalam kampus UB apabila ditemukan kondisi jaringan jalan yang tidak memenuhi standar. Pengumpulan data dilakukan melalui survei topogarfi pada trase-trase jalan terpilih dengan menggunakan Total Stationing Type Topcon GTS 229. Pengolahan data menggunakan program Autocad Land Dekstop 2009. Trase-trase terpilih pada jaringan jalan di dalam kampus UB tersebut adalah Jalan dari gerbang KPRI sampai simpang tiga Kafetaria Teknik, Perencanaan akses jalan baru di area Himpunan Teknik Elektro, Simpang tiga Program Magister dan Doktor Fakultas Ekonomi, Simpang tiga Masjid Raden Patah, Simpang tiga Samantha Krida, Bundaran UB, dan Simpang tiga Fakultas Kedokteran. Untuk evaluasi, dilakukan dengan membandingkan kondisi eksisting dengan standar yang berlaku. Untuk alinyemen vertikal dan horizontal, menggunakan Standar Perencanaan Geometrik untuk Jalan Perkotaan tahun 1992. Pada persimpangan, mengacu pada Standar Perencanaan Geometrik untuk Jalan Perkotan tahun 1992 dan Pt T-02-2002-B Tata Cara Perencanaan Geometrik Persimpangan Sebidang. Sedangkan untuk bundaran, mengacu pada Standar Perencanaan Bundaran untuk Persimpangan Sebidang Pd-T-20-2004-B. Dari hasil analisis terdapat dua lengkung horizontal pada trase jalan dari gerbang KPRI sampai simpang tiga Kafetaria Teknik tidak memenuhi standar. Untuk alinyemen vertikal, semua sudah memenuhi kriteria baik dalah hal kelandaian dan panjang lengkung vertikal, akan tetapi besarnya kelandaian eksisting hampir mendekati batas kelandaian maksimum. Sedangkan untuk simpang yang ditinjau, semua sudah memenuhi standar. Pada bundaran UB, pada kaki simpang Widyaloka dan perpustakaan tidak memenuhi kebebasan pandang. Dari total dua persimpangan baru yang akan dibuat, pada simpang tiga Elektro – FMIPA tidak memenuhi manuver kendaraan. Untuk itu disarankan untuk melakukan perbaikan geometrik pada trase jalan terpilih, akses jalan baru, dan bundaran. Perbaikan untuk lengkung horizontal dilakukan untuk keempat lengkung dengan menggunakan tipe Full Circle dengan Ls’ fiktif. Perbaikan lengkung vertikal untuk vertikal cembung dilakukan dengan tetap mempertahankan panjang lengkung vertikal eksisting karena sudah memenuhi standar perencanaan Bina Marga 1992, jarak pandang henti, keluwesan bentuk, dan syarat keamanan. Sedangkan untuk vertikal cekung dilakukan dengan tetap mempertahankan panjang lengkung vertikal eksisting karena sudah memenuhi standar perencanaan Bina Marga 1992, jarak penyinaran lampu kendaraan, jarak pandangan bebas bawah kendaraan, bentuk visual lengkung vertikal, keluwesan bentuk, dan syarat keamanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/763/051501005
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Feb 2015 12:56
Last Modified: 11 Feb 2015 12:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143102
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item