Studi Perencanaan Tata Air Rawa Lasolo Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara Sulawesi Tenggara

Putra, FerdySyahreza (2014) Studi Perencanaan Tata Air Rawa Lasolo Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara Sulawesi Tenggara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkaitan dengan permasalahan pangan di Indonesia yang ditandai dengan tinggi angka impor bahan pangan. Salah satu faktor masalah tersebut dikarenakan tingginya kebutuhan yang tidak disertai dengan ketersediaan pangan. Hal ini disebabkan semakin sedikitnya lahan pertanian untuk menghasilkan hasil pangan karena terlalu banyaknya konversi dari tanah pertanian ke tanah perumahan. Dengan adanya masalah tersebut, maka harus ada upaya untuk merevitalisasi kembali sektor pertanian yang dapat meningkatkan kembali produksi pertanian. Upaya tersebut salah satunya adalah dengan melakukan ekstensifikasi pertanian atau dengan membuka lahan baru yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi lahan pertanian. Dan salah satu alternatif lahan yang memiliki potensi untuk dikembangkan yaitu lahan rawa. Salah satu lahan yang potensial tersebut adalah rawa di Desa Sambandete Kecamatan Wiwinaro Kabupaten Konawe Utara Propinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki luas lahan 100 Ha. Daerah ini merupakan lahan rawa non pasang surut (lebak). Lahan ini belum termanfaatkan karena tergenang air Genangan air tersebut berasal dari air hujan dan luapan sungai Lalindu yang ada di sekitar rawa . Genangan air ini terkurung pada lahan karena kondisi lahan yang berupa cekungan, sehingga tidak dapat mengeluarkan air. Sehingga perlu dilakukan upaya guna mengatasi jumlah genangan air di lahan ini agar dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian baru. Sistem tata air yang direncanakan di lahan adalah sistem sisir yang diambil atas dasar pertimbangan kondisi topografi lahan yang menjadi lokasi studi. Saluran yang direncanakan terpisah antara saluran drainasi dengan saluran irigasi. Dengan sumber pemberian air irigasi dari sungai yang ada disekitar lahan. Hasil yang diperoleh dari studi akhir ini berupa dimensi saluran drainasi dan saluran irigasi. Debit untuk saluran drainasi sebesar 0,416 m 3 /dt dan saluran irigasi sebesar 1,028 m 3 /dt. Saluran drainasi memiliki kemiringan dasar saluran yang bervariasi antara 0,0003 - 0,0009 dengan kemiringan talud 1:1 dan lebar dasar saluran 0, 4 m – 1,0 m. Untuk saluran irigasi memiliki kemiringan dasar saluran antara 0,000 3 – 0,0009 dengan kemiringan talud 1:1 dan lebar dasar saluran 0, 5 m – 1,6 m. Selain dimensi saluran rencana juga membahas tentang analisa hidrolika. Analisa hidrolika pada studi ini dibantu menggunakan perangkat lunak HEC-RASS. Dari pemrosesan data, dapat diketahui bahwa saluran rencana untuk drainasi dapat menampung debit buangan dan saluran rencana untuk irigasi dapat menampung debit kebutuhan yang digunakan untuk lahan. Selain itu juga juga membahas tentang pola operasi pintu untuk sistem tata air pada lokasi studi. Pada saluran drainasi pintu yang digunakan adalah pintu klep otomatis, sedangkan untuk saluran irigasi pintu yang digunakan adalah pintu sorong untuk intake (saluran primer) dan pintu skot balok untuk saluran tersier.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/760/051500629
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Feb 2015 10:01
Last Modified: 22 Oct 2021 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143099
[thumbnail of 4._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
4._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
10._BAB_IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_V.pdf]
Preview
Text
11._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2._ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6._DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_II.pdf]
Preview
Text
8._BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_I.pdf]
Preview
Text
7._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_III.pdf]
Preview
Text
9._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
5._DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.__KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3.__KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item