Perancangan Dan Analisis Perbandingan Posisi Sensor Garis Pada Robot Management Sampah,

Prakoso, BambangDwi (2015) Perancangan Dan Analisis Perbandingan Posisi Sensor Garis Pada Robot Management Sampah,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Abstrak - Robot management sampah merupakan salah satu wujud pengaplikasian perkembangan dari robot line follower. Salah satu bagian terpenting dari robot management sampah adalah sensor garis. Sensor garis digunakan untuk membaca lintasan yang berupa sebuah garis hitam dengan alas putih. Tujuan dari perancangan dan analisis posisi sensor garis pada robot management sampah adalah untuk membandingkan performansi robot tersebut. Sebelum melakukan analisis perbandingan sensor garis hal yang pertama dilakukan adalah melakukan pengujian dengan desain sensor garis yang berbeda-beda, kemudian untuk pengujian analisis diperlukan robot management sampah, sensor garis,dan lintasan. Pada skripsi ini digunakan 3 desain perancangan yaitu bentuk lurus, segitiga, dan setengah lingkaran. Dari ketiga analisis desain tersebut dihasilkan hasil perbandingan performansi sensor yang berbeda-beda. Pengujian dilakukan pada lintasan garis lurus. Pengujian pertama adalah pengujian sensor bentuk lurus (1800) dapat mencapai set point pada pencuplikan data ke- 39, menghasilkan settling time sebesar 7,8 s dan overshoot maksimum sebesar 28,57%. Pengujian kedua adalah sensor bentuk segitiga dapat mencapai set point pada pencuplikan data ke-33, menghasilkan settling time sebesar 6,6 s dan overshoot maksimum sebesar 28,57%. Yang terakhir adalah bentuk sensor setengah lingkaran dapat mencapai set point pada pencuplikan data ke-63, tidak dapat mencapai set point dan terjadi osilasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/733/051408396
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Jan 2015 10:05
Last Modified: 22 Oct 2021 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143068
[thumbnail of kompre.pdf]
Preview
Text
kompre.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item